2 X 5 10 1


Unduh PDF


Unduh PDF

Pertanyaan retakan kali puas awalnya terlihat sulit, tetapi akan menjadi lebih mudah dengan tuntunan dan mengarifi kaidah mengerjakannya. Mulailah dengan mempelajari istilah dan fundamental, kemudian berlatih pembilangan, pengkhitanan, perkalian, dan pembagian bongkahan. Jika sira sudah lalu memahami signifikasi dan pendirian mengolah pecahan, cak bertanya-soal yang dihadapi akan bisa dikerjakan dengan mudah.

  1. 1

    Ketahui bahwa pembilang produktif di atas dan penyebut kreatif di sumber akar.
    Pecahan yaitu episode dari satu kesatuan, dan kredit di atas bongkahan dinamakan pembilang, yang menunjukkan jumlah bagian dari ahadiat nan dimiliki. Angka di bawah pecahan adalah penyebut, yang menunjukkan banyaknya putaran nan membentuk ahadiat.
    [1]

    • Ibarat ideal, internal 3/5, 3 yakni pembilang yang artinya kita memiliki 3 penggalan, dan 5 adalah penyebut, yang bermanfaat cak semau total 5 bagian yang membentuk kesatuan. Dalam ⅞, 7 adalah pembilang dan 8 yaitu penyebut.
  2. 2

    Ubah biji buntar menjadi rekahan dengan menaruhnya di atas angka 1.
    Kalau kamu memiliki angka bulat dan ingin mengubahnya menjadi pecahan, jadikan angka bulat perumpamaan pembilang. Untuk penyebut, kamu harus selalu memakai angka 1 karena setiap angka yang dibagi 1 adalah angka itu sendiri.[2]

    • Kalau kamu mau menidakkan 7 menjadi rekahan, tuliskan 7/1.
  3. 3

    Kecilkan pecahan

    kalau wajib disederhanakan.

    Awali dengan berburu Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pembilang dan penyebut. FPB merupakan ponten terbesar bisa habis membagi pembilang dan penyebut (hasil pengalokasian yakni nilai bulat). Kemudian, cukup bagikan pembilang dan penyebut dengan FPB lakukan mengecilkan pecahan.
    [3]

    • Sebagai model, apabila bongkahan dalam cak bertanya merupakan 15/45, faktor persekutuan terbesarnya adalah 15 karena 15 dan 45 bisa habis dibagi 15. Bagikan 15 dengan 15 yang menghasilkan 1, dan tulis ibarat pembilang yunior. Bagikan 45 dengan 15, nan menghasilkan 3, dan tuliskan sebagai penyebut baru. Dengan demikian, 15/45 dikecilkan menjadi 1/3.
  4. 4

    Pelajari cara mengingkari pecahan campuran menjadi pecahan tidak biasa (improper fraction).
    Pecahan paduan n kepunyaan angka bulat dan pecahan. Cak bagi menyelesaikan pertanyaan rekahan tertentu dengan mudah, sira teristiadat meniadakan pecahan campuran menjadi rekahan tidak sahih (merupakan belahan yang pembilangnya makin besar berusul penyebut). Caranya, kalikan nilai bulat dengan penyebut pecahan, lalu jumlahkan akhirnya dengan pembilang. Tuliskan jadinya seumpama pembilang baru.
    [4]

    • Misalnya anda memiliki pecahan paduan 1 2/3. Awali dengan mengalikan 1 dengan 3 untuk memperoleh 3. Jumlahkan 3 dengan pembilang, yakni 2. Hasilnya adalah angka pembilang hijau, yang dalam kasus ini merupakan 5 sehingga pecahan tidak biasanya adalah 5/3.

    Uang lelah:
    Galibnya, kamu perlu mengubah pecahan paduan ke pecahan tidak lumrah takdirnya ingin mengalikan atau membaginya.

  5. 5

    Ketahui kaidah
    mengubah pecahan tidak sah menjadi pecahan campuran.

    Kadang kala, pertanyaan memintamu untuk melakukan hal sebaliknya, yaitu mengingkari pecahan tak biasa menjadi angka fusi. Awali dengan mengetahui berapa kali pembilang bisa masuk penyebut memperalat pembagian. Risikonya adalah angka bulat pada angka fusi. Lanjutkan dengan mengalikan angka bulat dengan pembagi (poin yang dipakai bakal membagi) dan bagikan risikonya dengan terbagi (angka yang dibagi). Tuliskan sisanya di atas penyebut awal.
    [5]

    • Misalnya sira memiliki pecahan tidak biasa 17/4. Silih soal menjadi 17 ÷ 4. Angka 4 boleh masuk ke 17 sebanyak 4 mungkin sehingga biji bulatnya yaitu 4. Kemudian, kalikan 4 dengan 4, begitu juga 16. Kurangkan 17 dengan 16 yang menghasilkan 1; inilah sisa internal ponten campuran. Dengan demikian, 17/4 seperti 4 1/4.

    Iklan

  1. 1

    Jumlahkan retakan

    yang memiliki penyebut sebagai halnya menambahkan pembilang-pembilangnya.

    Rekahan hanya bisa dijumlahkan sekiranya penyebutnya proporsional. Kalau demikian, cukup jumlahkan semua pembilangnya.
    [6]

    • Misalnya, kerjakan menotal 5/9 + 1/9, patut jumlahkan 5 + 1, sama dengan 6. Dengan demikian, jawabannya adalah 6/9 yang bisa dikecilkan menjadi 2/3.
  2. 2

    Kurangi pecahan

    yang mempunyai penyebut sepadan dengan mengurangi pembilangnya.

    Layaknya penjumlahan, retakan tetapi bisa dikurangi kalau penyebutnya selaras. Kalau demikian, kamu hanya terlazim mengurangi pembilang pecahan-pecahan sesuai sa-puan anggaran.
    [7]

    • Sebagai lengkap, untuk menyelesaikan soal 6/8 – 2/8, kamu hanya perlu mengurangi 6 dengan 2. Jawabannya adalah 4/8, yang boleh dikecilkan menjadi 1/2. Sebaliknya, jikalau yang perhitungannya yaitu 2/8-6/8, dia mengurangi 2 dengan 6 yang menghasilkan -4/8, yang bisa dikecilkan menjadi -½.
  3. 3

    Temukan Kelipatan Persemakmuran Terkecil (KPK)

    cak bagi menjumlahkan atau mengurangi pecahan yang tidak mempunyai penyebut ekuivalen.

    Apabila penyebut retakan-pecahan yang ingin dihitung tak sama, kamu perlu mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil dari penyebut pecahan-pecahan terkait untuk disamakan. Caranya, kalikan pembilang dan penyebut dengan angka yang menyangkal pecahan-pecahan menjadi kelipatan persekutuan terkecilnya. Kemudian, jumlahkan atau kurangkan pembilang untuk menemukan jawabannya.[8]

    • Seumpama contoh, jika anda mau menjumlahkan 1/2 dan 2/3, awali dengan menentukan kelipatan persemakmuran terkecilnya. Dalam kasus ini, kelipatan persekutuannya adalah 6 karena 2 dan 3 bisa diubah menjadi 6. Lakukan memungkiri 1/2 menjadi pecahan berpenyebut 6, kalikan pembilang dan penyebut dengan 3: 1 x 3 = 3 dan 2 x 3 = 6 sehingga pecahan barunya adalah 3/6. Bakal mengubah 2/3 menjadi belahan dengan penyebut 6, kalikan kedua penyebut dengan 2: 2 x 2 = 4 dan 3 x 2 = 6 sehingga retakan yunior waktu ini yakni 4/6. Kini, engkau bisa menjumlahkah pembilang: 3/6 + 4/6 = 7/6. Oleh karena hasilnya merupakan pecahan lain biasa, kamu bisa mengubahnya menjadi pecahan paduan 1 1/6.
    • Di sisi lain, katakan soalmu yakni 7/10 – 1/5. Kelipatan persekutuannya adalah 10 karena 1/5 bisa diubah menjadi pecahan berpenyebut 10 dengan mengalikannya dengan 22: 1 x 2 = 2 dan 5 x 2 = 10 sehingga retakan yunior adalah 2/10. Kamu tidak perlu memungkirkan pecahan lainnya. Jadi, cukup kurangkan 7 dengan 2 dan memperoleh 5. Jawabannya merupakan 5/10, nan sekali lagi bisa dikecilkan menjadi 1/2.
  4. 4

    Kalikan pecahan

    secara refleks.

    Untungnya, mengalikan beberapa pecahan layak mudah dilakukan. Kecilkan pecahan belum pada suku terendahnya. Kemudian, ia hanya perlu mengalikan pembilang dengan pembilang, dan pembagi dengan pembagi.[9]

    • Seumpama cermin, kalikan 2/3 dan 7/8, temukan pembilang baru dengan mengalikan 2 dan 7, sebagai halnya 14. Kemudian, kalikan 3 dengan 8, yang menghasilkan 24. Dengan demikian, jawabannya adalah 14/24, yang boleh dikecilkan menjadi 7/12 dengan memberi pembilang dan penyebut dengan 2.
  5. 5

    Bagikan bongkahan

    dengan membalikkan belahan kedua, lalu mengalikannya secara spontan.

    Cak bagi membagikan pecahan, awali dengan mengubah retakan pembagi menjadi resiprokalnya. Caranya, balikkan posisi pembilang pecahan tersebut menjadi penyebut, dan penyebutnya menjadi pembilang. Sehabis itu, kalikan pembilang dan penyebut kedua bongkahan bagi memperoleh hasil pencatuan.
    [10]

    • Bagaikan contoh, kerjakan menyelesaikan soal 1/2 ÷ 1/6, balikkan 1/6 sehingga menjadi 6/1. Kemudian, cukup kalikan pembilang 1 x 6 lakukan memperoleh pembilang jawaban (yaitu 6), dan penyebut 2 x 1 kerjakan menemukan penyebut jawaban (yakni 2). Dengan demikian, hasil pengalokasian kedua bongkahan adalah 6/2, yaitu seperti 3.

    Iklan

  • Luangkan tahun untuk mengaji pertanyaan dengan saksama minimum dua siapa sehingga kamu memahami apa yang diminta soal dengan pasti.
  • Cek dengan hawa lakukan memastikan apakah kamu terbiasa mengubah pecahan tak seremonial menjadi pecahan campuran dan/alias mengecilkan pecahan ke suku terkecilnya bakal memperoleh poin penuh
  • Untuk memperoleh resiprokal skor buntar, sepan bubuhkan angka 1 di atasnya. Misalnya, 5 menjadi 1/5.
  • Pecahan lain pernah memiliki penyebut 0. Penyebut berangka kosong tidak terdefinisikan karena menjatah dengan nol hukumnya ilegal.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 1.411.962 kali.

Apakah kata sandang ini membantu Anda?

Source: https://id.wikihow.com/Menyelesaikan-Soal-Pecahan-dalam-Matematika

Posted by: soaltugas.net