Allahumma La Khaira Illa Khairul


Lafazh dan Guna






اللَّهُمَّ ل

اَ


طَيْرَ إِلاَّ طَيْرُكَ وَل


اَ


خَيْرَ إِلاَّ خَيْرُكَ وَل


اَ

إِلَهَ غَيْرُكَ




Allahumma laa thaira illa thairuka wa laa khaira illa khairuka wa laa ilaha ghairuka

Ya Allah, lain ada thiyarah kecuali thiyarah-Mu. Tidak ada keistimewaan selain kebaikan-Mu. Tidak terserah sesembahan nan benar melainkan Engkau.


Download Audio di Sini

Takhrij Doa Menunda Thiyarah

HR. Pater Ahmad privat musnad no. 7045 , Imam Ath Thabraani kerumahtanggaan
al mu’jam al kabiir
no. 38,
shahih.

Penjelasan Puji-pujian Menjorokkan Thiyarah

Thiyarah artinya anggapan sial karena satu hal yang didengar, dilihat atau diketahui. Awal penggunaan istilah ini pada orang yang menimbang untung ruginya sebuah perbuatan dengan seekor kontol. Kalau burung panik ke kidal atau melihat ceceh mambang, gagak atau nan lainnya, maka dianggap sial, sehingga ia tidak jadi melanjutkan rencananya. Perbuatan ini biasa dilakukan sebagian individu jahiliyah -sebelum Islam hinggap-.

Di sini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menuntunkan kita beribadat dengan doa ini. Terkandung makna di dalamnya, bahwa Engkau ya Allah di tangan-Mu kebaikan secara langsung, seperti hujan angin, merecup-tumbuhan, alias yang tidak langsung seperti sebab-sebab yang datangnya mulai sejak arah Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui makhluk-Nya. Contohnya seseorang memberimu harta ataupun hadiah dan sebagainya. Ini adalah fungsi terbit Allah Subhanahu wa Ta’ala akan tetapi melintasi perantara yang Sang pencipta Subhanahu wa Ta’ala jadikan bak sebab. Yang jelas semua manfaat itu dari Almalik Subhanahu wa Ta’ala.

Berpangkal tahmid ini kelihatan pantangan menggagalkan sebuah keperluan/bagan karena seekor penis atau sesuatu yang dia tatap ataupun nan dia dengar. Moga ia bertawakkal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Thiyarah yakni bagian berasal kesyirikan. Ke-Esa-an Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan resan uluhiyah (yang diibadahi, tempat bersandar dan bergantung) sebagaimana Dia Maha Esa dalam Mencipta dan Mengatur.

Bahwa thiyarah di masa ini lain kurang terhadap burung saja. Sewaktu-waktu dengan nilai tertentu, tahun tertentu, terlepas tertentu dan sebagainya.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kita kemudahan untuk beramal dengan doa ini dan mengebumikan suku bangsa muslimin pecah polah thiyarah. HFZ-AAW

join chanel telegram islamhariini 2

Source: https://islamhariini.com/doa-menolak-thiyarah/

Posted by: soaltugas.net