Apakah Bisa Ganti Processor Laptop

Cara Upgrade Processor Laptop Yang Harus Di Perhatikan

Cara Upgrade Processor Laptop Yang Harus Di Perhatikan

Bisakan Processor Laptop di Upgrade? Jawabnya tentu saja bisa sepanjang laptop tersebut masih menunggangi processor dengan jenis socket nan kaki-kaki pinnya bisa dilepas pasang. Kalau di Laptop dengan Processor berbasis Intel normal disebut dengan socket PGA.

Jadi bila anda memiliki Laptop dengan processor yang dapat dilepas pasang, maka tentu kamu bisa meng upgrade processor-nya dengan perincisan yang lebih strata dari sebelumnya.

Hasil upgrade processor Acer 4741Z semenjak Intel Pentium P6000 ke Core i3 390M
Contoh hasil upgrade processor Acer 4741Z dari Intel Pentium P6000 ke Core i3 390M

Nah karena kebetulan admin ikeni.net juga hijau saja melakukan upgrade pada Laptop Acer Aspire 4741z milik pribadi, maka berbarengan saja tata cara upgrade processor, admin share lewat artikel ini.

Beberapa hal nan perlu dilakukan sebelumnya. Diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Cek jenis socket Processor Laptop Bertambah Dahulu

Sebelum memutuskan bakal melakukan upgrade, pastikan dulu socket process di laptop kamu menggunakan socket nan dapat dilepas pasang, semisal memperalat socket PGA

Bakal jenis Intel Processor, kamu bisa mengibuli (search) jenis socket Laptop kamu di https://ark.intel.com/id/. Pastikan jenis socket processor laptop momen ini menggunakan socket PGA. Contoh untuk processor Acer Aspire 4741Z kepunyaan admin (sebelum upgrade) yaitu Intel Pentium P6000 dengan socket PGA988 (Socket G1 / rPGA988A). Jadi boleh di upgrade karena memungkinkan untuk dilepas pasang.

2. Siapkan Processor pengganti dengan Socket yang sesuai

Bakal keperluan upgrade, pastikan kamu menyediakan processor pengganti nan sesuai dengan variasi socket Laptop processor sebelumnya (jangan sampai salah). Cohtoh Acer Aspire 4741Z dengan processor Intel Pentium P6000 dapat di upgrade ke Intel Core i3-390M karena sama-setimbang menggunakan Socket G1/rPGA988A (list socket yang sama bisa lihat disini).

Tentatif untuk menemukan processor pengganti, cari saja di situs jual beli online. Tapi ingat untuk processor laptop, kamu tidak akan menemukan yang mentah (segel) karena memang processor laptop tidak di diperjual belikan secara umum. Kaprikornus solusinya, cari namun processor copotan (ajang namun masih bagus) yang di jual orang.

3. Update BIOS Laptop ke Versi Baru (Opsional)

Untuk menaik kemampuan sistem Laptop intern menangani jenis-spesies hardware terbaru, update BIOS laptop juga kadang di perlukan (baca: Pendirian Update Versi BIOS). Jadi cak semau baiknya sebelum upgrade processor, BIOS laptop juga perlu diperbarui lebih dahulu sebagai persiapan agar laptop nantinya dapat menangani processor baru secara optimal.

Tapi sekali sekali lagi, ini sifatnya mana suka (dapat diperlukan ataupun lain). Dan tentunya memperbarui varian BIOS dapat dilakukan kapan saja, baik itu sebelum ataupun sesudah upgrade processor. Intinya tergantung dari kebutuhan Laptop. Seumpama ketika usai upgrade processor dan ternyata system masih dapat menangani hardware dengan baik, maka berguna diposisi ini update BIOS ke versi bau kencur belum diperlukan.

Berikut Cara Memulai Proses Upgrade Processor Laptop

Bila semua hal-hal diatas sudah terpenuhi, maka seterusnya simultan ke tahap proses upgrade processor. Bikin tahap ini dicontohkan cara mengganti processor Intel Pentium P6000 ke Intel Core i3-390M pada Acer Aspire 4741Z.

Cara Upgrade Processor Laptop Yang Harus Di Perhatikan

Langkah purwa pasti kamu harus mengungkapkan apalagi suntuk case Laptop (buat membuka case tidak wajib diajarkan lagi yah!).

Selepas itu silahkan buang processor lama dengan cara memutar kekiri akhir socket sebatas processor terangkat dengan sendirinya.

Cara Upgrade Processor Laptop Yang Harus Di Perhatikan

Berikutnya pasang processor bau kencur, dan tentunya jangan lupa gunakan Thermal Paste (Pasta Processor) berkualitas agar nantinya processor laptop-mu konstan adem detik digunakan. Setelah itu pasang kembali semua suku cadang dan case, lalu nyalakan laptop bakal melihat hasilnya.

Perhatian:

Saat mula-mula kali Laptop hidupkan (usai mengganti processor), kadang ada laptop yang hanya menyala sebentar (belum sampai ke boot Windows) suntuk tenang kembali. Sekiranya keadaan demikian terjadi jangan senewen, karena ini biasanya hanya merupakan penyesuaian system hardware lega BIOS. Apabila laptop mati, anda cukup menghidupkannya kembali sebatas menyala dengan normal.

Selain itu jika laptop baru di nyalakan pertama kali, Windows juga akan berbuat penyesuaian hardware. Dia tunggu semata-mata sejenak hingga Windows khusyuk mengidentifikasi hardware yunior secara baik.

Sekian Siaran akan halnya Cara Upgrade Processor Laptop Yang Harus Di Perhatikan, Bagi bapak/ibu semua yang sedang mencari / membutuhkan Jasa Service / Perbaikan Laptop Komputer dengan harga yang cukup murah dan kompetitif dengan kualitas nan bagus dan terjamin garansinya, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS KamiDisini. terimakasih telah berkunjug di WebsiteINDO-SOLUTION nan menginformasikan tentang artikel Pendirian Upgrade Processor Laptop Yang Harus Di Perhatikan, Salam Sukses Selalu Ya. (sendang)


Source: https://servicelaptop.indo-solution.com/cara-upgrade-processor-laptop-yang-harus-di-perhatikan/

Posted by: soaltugas.net