Arti Lagu Goo Goo Dolls

Tepatnya saat ini, saya tengah putar lagu Sayat bermula Goo Goo Dolls. Pasca- saya pikir, mutakadim lama saya mendengarkan lagu ini, dan burung laut melabelkan lagu ini misal salah suatu lagu kesukaan sejauh periode, lagu yang enggak akan wasilah dihapus dari
playlist, lagu yang punya makna sejenis itu privat! Yah, aneh-aneh. Tapi enggak pernah sekalipun lagu ini saya bahas secara detail.

Maka melalui tulisan ini, saya akan coba “membedah” invalid makna nan bisa saya pahami berasal lagu ini. Biarpun dalam beberapa hal, belaka penulislah nan tahu makna sebenarnya nan tersimpan dalam lagu ini.

source: discogs.com

Iris yakni salah satu lagu
hit
dari band dasar Amerika, Goo Goo Dolls. Sekurang-kurangnya lagu ini punya satu ekualitas dengan saya; lahir di tahun 1998. Hehe.

Sayat diciptakan oleh John Rzeznik, untuk film berjudul
City of Angels
yang diperankan oleh Nicholas Cage, menceritakan malaikat (Seth) yang tertawan kepada seorang sinse, Meg Ryan, menyerahkan keabadiannya andai malaikat hendaknya dapat roh dengan wanita yang ia cintai. Merelakan sukma awet ‘tanpa dosa’ menjadi basyar lazim nan tidak luput dari dosa, melintasi tahap kematian dan siap bagi menghadapi neraka nantinya. Tapi justru sebagai malaikat, dia tidak akan korespondensi bisa
tekun
mencintai wanitanya. Tidak bisa sampai ke alias memeluk seseorang yang ia cintai.

Buat lebih paham makna lagu ini, akan lebih mudah saat telah nonton filmnya, karena itulah yang saya rasain. Tapi tidak ada satupun prolog Iris yang disebut disepanjang lagu ini. Lampau sebenarnya apa itu Iris?

Dalam mitologi Yunani, Iris ialah utusan batara, Iris menghubungkan para dewa dengan umat basyar. Ia juga bertugas menyampaikan pesan. Takdirnya dikaitkan, karakter Nicholas bak malaikat cenderung seperti mana Iris!

Segala ini kebetulan?

Namun beralaskan fakta dari
interview
Robbie Takac plong waktu 1999, judul Iris terinspirasi berusul seorang pendendang
country
bernama Sayat DeMent, nama nan muncul ketika Rzeznik perdua membaca majalah
LA Weekly, beliau merasa tanda itu tinggal bagus. Wah, gimana, ya, ingatan si Iris? Namanya menjadi inspirasi lagu yang digemari begitu banyak orang, menjadi lagu selama masa orang-orang, tidak hanya orang biasa, tambahan pula artis sekalipun.

Sekiranya diperhatiin, Iris punya suara mandolin nan khas, terbilang sulit untuk ditiru, saya adv pernah itu ketika banyak sekali hamba allah-insan komentar di Youtube, memperdebatkan
chords
apa yang Rzeznik pakai. Karena sekalipun mereka coba, suaranya tidak serius sebagaimana Iris. Dalaminterview-nya, Rzeznik mengaku bahwa ia mematahkan dua senar pada gitarnya, kemudian mencoba memainkan musik, dan terciptalah lagu Sayat.Wow!

source: youtube.com


And I’d give up forever to touch you


Cause I know that you feel me somehow

Mulanya mengungkapkan zakiah diri Seth laksana malaikat yang tentu bukan bisa benar-etis menyentuh, memeluk wanita yang dia cintai, tapi dia merasa bahwa justru wanita tersebut boleh merasakan kehadirannya, kembali mengetahui “dirinya”.


You’re the closest to heaven that I’ll ever be


And I don’t want to go home right now

Layaknya tergoda, buat Seth, Meg yakni surganya, seperti sesungguhnya surga nan dia ketahui. Dan momen dia berkata “and I
don’kaki langit

want to go home home right now
” adalah ketika Seth merasa nyaman, bersama wanita tersebut merupakan hal terindah yang kontak dia rasakan, membuatnya lain ingin kembali ke kehidupannya tinggal (setidaknya untuk saat ini).


And all I can taste is this moment


And all I can breathe is your life


And sooner or later it’s adv lewat


I just don’t wanna miss you tonight

Dan nan bisa Seth bikin hanya menikmati mutakhir, karena dia senggang pelahap mereka bisa berakhir pron bila aja. Detik sira berkata “and all I can breathe is your life“, dia cak hendak menghabiskan waktu bahagia mereka sebaik mungkin sampai masa kekompakan mereka berakhir.


And I don’lengkung langit want the world to see me


Cause I don’t think that they’d understand


When everything’s made to be broken


I just want you to know who I am

Seth pun bersembunyi dari dunia, karena anda nanang mereka semua belaka akan menghakiminya, engkau tiak butuh pengakuan berpangkal dunia, sebab ia tahu mereka tidak akan boleh mengerti keadaannya.

Sebagai malaikat, dia paham betul bahwa segala sesuatu di dunia ini fana. Suatu saat semua akan peroi, begitupun perikatan mereka, bisa karena maut nan memufakatkan, terjadinya hari penghabisan, atau kenyataan pahit bahwa mereka memang tidak bisa bersatu. Sebatas karenanya itu terjadi, dia namun kepingin wanita tersebut tahu siapa dirinya.


And you can’lengkung langit fight the tears that mata’t coming


Or the moment of truth in your lies


When everything feels like the movies


Yeah, you bleed just to know you’re alive

Bagian ini adalah jawaban berpunca kegelisahan Seth sebagai malaikat yang ingin hidup bersama wanita yang dia cintai. Intern gambar hidup, dikatakan jika Seth mau menjadi sosok seutuhnya, maka harus merasakan ngilu, dalam kemujaraban remai berdarah layaknya manusia.

Mengetahui “kesempatan” itu, dia seperti itu senang―and you can’lengkung langit fight the tears that indra penglihatan’t coming, detik selama ini kepura-jala-jala-annya “menjadi manusia yang terban rajin” bisa menjadi kenyataan―or the moment of truth in your lies, dia merasa bahwa segalanya begitu juga impi, menjalani hidup kedepannya bersama wanita nan dia cintai―when everything feels like the movies, hingga dia harus terluka namun lakukan tahu bahwa engkau serius hidup―yeah, you bleed just to know you’re alive

Lirik yang puitis, enggak?

Namun, belum lama mereka menjalani jiwa baru, berbagi cinta selengkapnya, Maggie mengalami kecelakaan, memencilkan Seth nan masa ini sendirian. Koteng menjalani semangat “manusia” yang sudah lalu dia pilih.

Plong salah satu momen paling mengharukan di film ini, ketika Seth dikunjungi maka dari itu teman lamanya Cassiel (yang masih menjadi malaikat). Cassiel bertanya, jika kamu adv pernah barang apa yang akan terjadi (Meggie mengalami kecelakaan dan meninggal), apakah ia akan tetap melakukannya? (menjadi turunan). Kemudian Seth menjawab:

I would rather have sempadan one breath of her hair, one kiss of her mouth, one touch of her hand, than eternity without it. Just one.

UPDATED:
source: Youtube
Goo Goo Dolls – “Iris” Behind-the-Track (10 Mei 2022)

Source: https://www.sifaazh.com/2017/09/bedah-makna-lagu-goo-goo-dolls-iris.html

Posted by: soaltugas.net