KESULITAN BELAJAR SISWA DAN PENANGANANNYA Puas PEMBELAJARAN Matematika SD/MI


Keywords:


Kesulitan Membiasakan, Siswa & Matematika SD/Kwetiau

Abstract

Kesulitan belajar pada pelajar yakni suatu keadaan di saat petatar didik tidak dapat berlatih sebagai halnya mestinya. Kejadian tersebut tidak boleh dibiarkan dan harus segera diberikan penanganan oleh pendidik karena kesulitan yang dialami momongan jikalau dibiarkan akan dapat menjadi sebuah penghalang bagi tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengerti bagaimana cara menemukan kesulitan belajar yang dialami siswa dan memberikan penanganannya serta memafhumi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut di SD/Mi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendalaman wacana dengan menganalisis beberapa kata sandang/karya ilmiah dengan uji postulat. Beralaskan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu; a) Diversifikasi kesulitan membiasakan matematika yang dialami siswa SD/MI terbagi menjadi dua yakni kesulian yang mulai sejak dari dalam diri siswa dan yang berasal dari luar diri siswa. Adapun cara menanganinya yaitu; 1) Melaksanakan diagnosis kesulitan belajar pada siswa, 2) Memberikan bimbingan pengajian pengkajian remidial ilmu hitung, 3) Mengintensifkan penerapkan BDR (Berlatih Bermula Rumah) dengan baik, dan 4) Pelaksanaan Kurikulum Toleransi Diri, dan Penggunaan Blanded Learning. b) Faktor yang menyebabkan kesulitan membiasakan peserta SD/MI yaitu faktor yang berbunga dari intern diri siswa (privat) dan Faktor yang berusul dari asing diri peserta (eksternal).

References

[1] Ety Mukhlesi Yeni. Kesulitan Berlatih Matematika Di Sekolah Sumber akar Jupendas, ISSN 2355-3650, Vol. 2, No. 2, September 2022
[2] Evi Siviawati, Pendekatan Ilmu hitung Realistik (PMR) cak bagi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Pesuluh di Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Edisi Singularis, No. 2, Agustus 2022, http://www.academia.edu/download/31506577/9-Evi_Soviawati-edit.pdf, diakses sreg Selasa, 7 Juli 2022 Pukul 02.09 Wita.
[3] Depdiknas, Pengecekan Diagnostik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Purwa, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: 2007.
[4] Hamdan Husein Batubara. Webinar Nasional Pendidikan Dasar UNISKA MAB Banarmasin pada tanggal 8 Juli 2022
[5] Van Steenburge, H. Mathematics Learning Difficulties In Primary Education: Teachers’ Professional Knowledge And The Use Of Commercially Available Learning Packages. 2010. Harian Online: http://users.ugent.be/~mvalcke/CV/CALP_ed_studies.pdf.
[6] Sulthon Sulton, Membangun Kognisi Konsep Dasar Matematika pada Anak Berkesulitan Berlatih Matematika di MI. Primary:Buletin Saintifik dan Kependidikan Dasar, v. 12, n. 01, p. 27-40, june 2022, dalam http://buku harian.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article, diakses pada hari selasa 7 Juli 2022 pukul 24.43.
[7] Zainal Abidin. Webinar Kebangsaan Pendidikan Dasar Seris 2 UNISKA MAB Banarmasin plong tangga l8 Juli 2022

How to Cite

Arifin, M. (2020). KESULITAN Membiasakan SISWA DAN PENANGANANNYA Sreg PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/Mi.
Jurnal Inovasi Penelitian,
1(5), 989-1000. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.181