Asesmen Otentik Pada Pembelajaran Matematika

ASESMEN OTENTIK KTSP

1. Sebutkan sifat_sifat assessment otentik? Bagaimana penerapan privat penilaiannya?
Jawab:

– Sifat-aturan Assessment Otentik yaitu:
1. Berbasis Kompetensi
Yaitu asesmen yang mampu memantau kompetensi seseorang
2. Singularis
Asesmen harus dapat mengungkapkan seoptimal mungkin kelebihan setiap individu, dan juga kekurangannya (bagi dapat dilakukan perbaikan)
3. Berfokus pada pelajar didik
Berfokus pada pesuluh ajar karena direncanakan, dilakukan, dan dinilai oleh temperatur dengan melibatkan secara optimal petatar didik seorang
4. Otentik (maujud, nyata sama dengan kehidupan sehari-hari)
Untuk memastikan bahwa nan diases tersebut serius adalah kompetensi kasatmata individu (peserta jaga) tersebut
5. Terintegrasi dengan proses penataran
Sesuai dengan proses pembelajaran yang dilakukan
6. Berkelanjutan (on-going)
Asesmen harus dilakukan secara langsung bilamana proses sparing mengajar berlangsung, dimana dapat terpantau roses dan komoditas belajar

2. Sebutkan dan jelaskanlah 3 komponen penting asesmen penampilan?
Jawab:
a) Tugas manifestasi (performance task) adalah suatu tugas yang pintar topik, standar tugas, deskripsi tugas, 4

dan kondisi penuntasan tugas.

b) Rubrik performansi (performance rubrics) yakni satu rubrik nan berisi onderdil-suku cadang suatu performansi kamil, dan deskriptor dari setiap komponen tersebut
c) Pendirian penilaian (scoring guide)
Mandu Penilaian kinerja tiga, yaitu (1) holistic scoring, merupakan anugerah ponten beralaskan impresi penilai secara umum terhadap kualitas performansi; (2) analytic scoring, yaitu pemberian skor terhadap aspek-aspek nan berkontribusi terhadap satu performansi; dan (3) primary traits scoring, adalah pemberian nilai berlandaskan sejumlah atom dominan dari suatu performansi.

3. Bagaimana penilaian portofolio yg ia ketahui?
Jawab:
Asesmen portofolio mengandung tiga elemen pokok merupakan: (1) percontoh karya peserta pelihara, (2) evaluasi diri, dan (3) kriteria penilaian yang jelas dan terbuka.
Asesmen portofolio adalah penilaian terhadap pusparagam berkas perumpamaan bukti awak setiap aktivitas petatar selama dan sesudah pembelajaran, bisa berupa dokumen hasil testimoni, tugas-tugas, hasil karya, catatan tentang sikap-minat, ketrampilan, dan kompetensi siswa.
Asesmen portoflolio menilai proses maupun hasil. Oleh karena itu proses dan hasil separas pentingnya. Biarpun asesmen ini bertabiat berkelanjutan, yang berharga proses mendapatkan porsi penilaian yang besar (bandingkan dengan asesmen konvensional nan belaka menilai hasil membiasakan) cuma kualitas hasil sangat signifikan. Dan memang, penilaian proses nan dilakukan tersebut sesungguhnya menjatah kesempatan peserta asuh mencapai produk yang selengkapnya.

4. Buatlah Lengkap Asesmen Otentik!
Jawab:
(a). Perencanaan Asesmen Otentik

(1) Menentukan tujuan dan titik api (standar kompetensi, kompetensi pangkal, indeks pencapaian kompetensi, domain (serebral, afektif, psikomotor) yang diases)

(2) Merencanakan isi asesmen otentik yang meliputi: penyortiran prosedur asesmen, menentukan isi/topik, dan menargetkan frekuensi dan waktu dilakukannya asesmen.

(3) Mendesain cara menganalisis data, merupakan dengan menetapkan: standar maupun kriteria penilaian, menetapkan cara memadukan hasil penilaian dari berbagai perigi (misalnya dari kinerja, portofolio, evaluasi diri, tes. Dan lain-lain), dan menargetkan perian amatan.

(4) Merencanakan awalan-anju kegiatan asesmen (terpadu n domestik penerimaan, cak semau kegiatan karunia umpan balik, penilaian proses, penilaian produk)

(5) Menentukan prosedur pengujian keakuratan kabar, yaitu menetapkan cara mengarifi keabsahan takrif dan reliabilitas penilaian.

(b). Implementasi Asesmen Otentik
(1) Mengumumkan harapan dan titik api penelaahan kepada siswa.

(2) Menyepakati prosedur asesmen yang digunakan serta kriteria penilaiannya.

(3) Mempertanyakan kaidah-cara nan wajib dilakukan untuk mencecah hasil maksimal.

(4) Melaksanakan kegiatan asesmen sesuai dengan perencanaan dan kesepakatan bersama (penimbunan data)
(5) Memberikan umpan balik

(c). Kajian dan pelaporan
(1) Menganalisis data nan sudah dikumpulkan

(2) Memadukan hasil analisis berpunca beraneka rupa data nan didapat

(3) Menerapkan kriteria penilaian akhir

(4) Melaporkan hasil asesmen

Source: https://haripambudi.blogspot.com/2010/04/asesmen-otentik.html