Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Matematika

RADARSEMARANG.ID, Penelaahan dengan cara dalam jaringan (daring) sudah kian dari 1 tahun dilaksanakan diseluruh indonesia. Selama itu pula banyak kendala yang dialami baik oleh guru maupun oleh peserta tuntun. Panitera sekali lagi mengalami hambatan dalam penerapan penataran daring, diantaranya : sulitnya sinyal internet dan keterbatasan sarana dan pra ki alat peserta asuh. Kejadian ini menyebabkan interaksi antara guru dan murid didik menjadi tidak maksimal, karena tidak memungkinkan sebagian besar peserta melakukan bertatap secara virtual. Berdasarkan obstruksi tersebut, diperlukan alternatif pembelajaran yang bisa dijangkau oleh seluruh pelajar didik. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah sempurna penerimaan kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan Whatsapps (WA). Tidak sebagai halnya pada pembelajaran tatap wajah, karena pembelajaran dilakukan secara daring maka penerapan contoh pendedahan kooperatif tipe jigsaw teradat penyesuaian dalam pelaksanaannya.

Pada kurikulum 2022, materi perbandingan untuk mata pelajaran matematika merupakan materi kelas VII semester 2. Materi ini cocok diajarkan dengan menggunakan metode jigsaw. Metode jigsaw merupakan riuk satu acuan pengajian pengkajian aktif nan terdiri terbit gerombolan-kelompok belajar yang beranggotakan 4 – 6 petatar bimbing. Ancang – langkah kerumahtanggaan metode jigsaw sebagai berikut.

Pertama, guru menjatah papan bawah menjadi beberapa kerubungan berlatih nan beranggotakan 5 pelajar didik yang beragam dan tergabung kerumahtanggaan grup WA. Kemudian guru membagi materi perbandingan menjadi 5 segmen (5 bagian) sub materi merupakan : (1) Memahami dan menentukan perbandingan dua besaran, (2) Menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda, (3) Memahami dan menguasai masalah yang terkait dengan rasio senilai, (4) Memintasi masalah perimbangan senilai pada peta dan lengkap dan (5) Mencerna dan menuntaskan masalah yang terkait dengan perbandingan berbalik nilai. Sub materi tersebut disajikan dalam tulangtulangan bacaan, kemudian diposting di grup WA tiap kerumunan. Selanjutnya kerumunan belajar ini disebut kelompok asal.

Kedua, setiap siswa bimbing didalam kelompok asal mempelajari 1 bagian sub materi nan sudah lalu diberikan guru dan bertanggung jawab menguasai materi tersebut.

Ketiga, setiap kelompok belajar mengapalkan setiap anggotanya bagi berdebat dengan anggota kelompok lain nan memiliki sub materi nan sederajat. Misalnya : A memperoleh materi memahami dan menentukan perbandingan dua kuantitas, maka A dikirim ke kelompok peserta bimbing nan memperoleh materi memaklumi dan menentukan perbandingan dua besaran. Selanjutnya kelompok ini disebut kerumunan ahli. Plong kelompok ini masing-masing peserta pelihara mendiskusikan materi dengan menunggangi grup WA.

Keempat, selepas kelompok ahli radu berdiskusi, anggota dari kelompok ahli memberikan informasi yang diperoleh berasal kelompok ahli kepada anggota kelompok asal melangkahi grup WA kelompok asal.

Kelima, seluruh anggota kelompok asal mendiskusikan lagi seluruh informasi nan diperoleh berbunga keramaian ahli, kemudian perwakilan kelompok radiks mempresentasikan hasil diskusinya dengan menggunakan fitur Video Call lega WA dengan anggota Video Call perwakilan mulai sejak tiap kelompok, guru dan 2 perwakilan dari kelompok yang lain (karena Video Call pada WA tetapi bisa untuk 4 anak adam).

Keenam, hawa memberikan feedback kepada setiap kelompok asal melalui Video Call sreg WA. Kemudian menerimakan kuis secara makhluk kepada setiap kelompok belajar. Kemudian seluruh kerubungan belajar diberikan penghargaan sesuai dengan penampilannya masing-masing.
Metode jigsaw ini telah perekam terapkan di SMP Wilayah 4 Boja Satu Tarup. Akibatnya, melintasi metode jigsaw ini bisa mengasihkan pelajaran buat berkewajiban dan dapat meningkatkan komunikasi peserta didik melalui urun pendapat, baik di keramaian asal atau dikelompok ahli. (ips1/zal)

Guru SMPN 4 Boja Satu Tarup, Kendal.

Source: https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/07/13/pembelajaran-daring-dengan-metode-jigsaw-untuk-materi-perbandingan/