Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah

Ahmad, H., Nurhidayat, & Nurdin. (2018). Kajian Kemampuan Siswa Dalam Mengatasi Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal MathEducation Nusantara. 1(1): 20-24.

Akker, J. (1999). Principle and Methods of Development Research dalam (Eds). Design Approches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Klower Academic Publicer.

Angkotasan, Lengkung langit. (2014). Keefektifan Teoretis Kebobrokan-Based Learning Ditinjau bersumber Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Delta-Pi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(1): 11-19.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pendedahan Ilmu hitung Berbasis Android pada Materi Program Linear. Aksioma: Buletin Pendidikan Matematika FKIP Univ.Muhammadiyah Metro. 7(1): 161-170.

Ariawan, B., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Edutaiment Multimedia buat Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Program Linier Pesuluh SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. 2(6): 780-789.

Arief, H. S., Maulana, & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melampaui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pen Ilmiah. 1(1): 141-150.

Ayuwandari, G., & Suparman. (2018). Deskripsi Bahan Ajar Matematika kerjakan Melebarkan Kreativitas Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 6: 705-711.

Barus, E. L., & Sani, A. R. (2017). Pengaturan Model Pembelajaran latihan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa lega Materi Pokok Gerakan dan energi di Kelas X Semester II. Surat kabar Inovasi Pebelajaran Fisika (INPAFI). 5(4): 16-22.

Branch, M . R. (2009). Instructional Desaign: The ADDIE Approach. London: Springer.

Dimyani & Mawartiningsih, L. (2018). Pengembangan Ki alat Penerimaan Berbasis Android untuk Peningkatan Hasil Membiasakan Materi Polusi Lingkungan dan Upaya pelestariannya. Proceeding Biology Education Conferene. 15(1): 484-490.

Effendi, M.H., Yusnelti, & Hasanah, Horizon. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Kelas XI IPA di SMA Kawasan 4 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 8(2):35-44.

Effendy, J. J., Kuntjara. A. P., & Sutanto. R.P. (2018). Perancangan Lirik Animasi bagaikan Penunjang Ibadah Anak Taruna Katedral Mawa Sharon. Buletin DKV Adiwarna. 1(12):1-10.

Fatma. A. D., & Partana. C. F. (2019). Pembelajaran Berbantuan Aplikasi android buat Meningkatkan Kemampuan Pemisahan Masalah Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(2): 229-236.

Haddouche, H., & Salomone, C. (2017). Generation Z and Tourist experience: Tourist Stories and Use of Sosial Networks. Journal of Tourism Future. 4(1): 67-79.

Hariati, P. Cakrawala. S., Lily, R., & Islamiani, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Peserta kerumahtanggaan Pendedahan Matematika puas Materi Usaha Qada dan qadar Bulat. Jurnal Pengajian pengkajian dan Matematika Sigma. 6(1): 18-22.

Harususilo, Y. E. (2018). Ki Hajar Dewantara dan ‘Guncangan’ Pendidikan Era Industri 4.0. http://www.edukasi.kompas.com/read/2018/05/02/ki-hajar-dewantara-dan-gempa bumi-pendidikan-era-industri-40. Diakses lega 27 Maret 2022.

Kemendikbud. (2018a). Borek KD Kurikulum 2022 Jenjang SMA, MA, SMK Terbaru. http://www.panduandapodik.id/2018/01/ki-kd-kurikulum-2013-jenjang-sma-ma-smk-terbaru.html?m=1. Diakses lega 07 April 2022.

Kemendikbud. (2018b). Kisi-ganggang Ujian Sekolah Berstandar Kebangsaan (USBN) dan Eksamen Nasional (UN) Periode 2022. http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2018/12/kisikisi-ujian-sekolah-berstandar-nasional-usbn-dan-tentamen-nasional-un-tahun-2019. Diakses pada 07 April 2022.

Kurnia, I. A., Jalinus, & Siregar, S. (2017). Penerapan Ideal Problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pesuluh Inferior VIII 5 SMP Negeri 16 Pekanbaru. Koran Online Mahasiswa Bidang keguruan dan Ilmu Pendidikan Perserikatan Riau. 4(1): 1-10.

Kurniawan, H. (2016). Yuk, Sparing Cuma-cuma Lewat Gerbang Rumah Belajar. http://www.m.merdeka.com/amd/pendidika/silakan-belajar-gratis-terlampau-portal-rumah-belajar.html. Diakses sreg 07 April 2022.

Latif, A. (2019). Tantangan Master Menghadapi Murid Asuh Generasi Z. http://www.kompasiana.com/altip/5c490a3643322f600b7129f2/tantanga-temperatur-menghadapi-pesuluh-didik-generasi-z?page=all. Diakses pada 27 Maret 2022.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Wasit, Falak. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Tempatan pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Radiks.5(2):153-166.

Maimunah., Hariyansyah., & Jihadi, G. (2017). Rancang Ingat Sistem Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

Majid, A. (2013). Perencanaan Penelaahan Meluaskan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Taruna Rosdakarya.

Mufidah, LLN. (2014). Brain Based Teaching and Learning.Yogyakarta:Teras.

Musrofi, M. (2008). Creative Manager, Creative Enterpreneur. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Muyawaroh, S., & Fajartia. M. (2017). Ekspansi Kendaraan Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi adobe Flash CS 6 puas Alat penglihatan Tutorial Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 6(2):79-83.

Nurjanah, S., Istiqomah, & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Tanya Program Linear pada Petatar Kelas XI TKJ SMK Piri 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Kewarganegaraan Etnomanesia, (hal. 821-827).

Nuzar, I. (2018). Penetrasi Internet Didominasi Gen Z. http://www.teknopreneur.com/2018/02/19/penetrasi-internet-indonesia-didominasi-gen-z/. Diakses pada 20 April 2022.

Pradilasari, L., Gani, A & Khaidun, I. (2019). Ekspansi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Berlatih Siswa SMA. Indonesian Journal of Science Education. 7(1): 9-15.

Prisiska, R. N., Hapizah, & Yusuf, M. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmatika Sosial Kelas VII . JPPM. 10(2): 82-94.

Cewek, R. (2011). Assessment in Mathematics Education. Palembang: Unit Persuratan PPS Universitas Sriwijaya.

Rachman, A. F. (2015). Android Kuasai Asia Tenggara, di Indonesia Paling Juara. http://m.detik.com./inet/consumer/d-3054169/android-kuasai-asia-tenggara-di-indonesia-minimum-juara. Diakses pada 20 April 2022.

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Incaran Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi di SMA Al Bayyinah Pekan Baru. JURING: Journal of Research in Mathematics Learning. 1(1): 91-98.

Rahmadani, N ., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matemtika Melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Siswa Papan bawah 4 SD. Scholaria: Surat kabar Pendidikan dan Kebudayaan. 7(3): 241-250.

Bulan ampunan, F. A., & Arfinanti, N. (2019). Peluasan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Daya Bahasan Pertalian dan Fungsi sebagai Mata air Sparing Mandiri Siswa Kelas bawah VIII SMP. JPPM . 1(1): 42-50.

Sari, M. N., Ellizar., & Fitriza. Z. (2018). Pengembangan Modul Ki kesulitan Based Learning plong Materi Cemberut Basa Kelas bawah XI SMA/MA. Panggar Hobatan. 12(12):38-47.

Sari, I. W., & Sumuslistiana. (2018). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android bak Alat angkut Pembelajaran pada Materi Program Linear Kelas XI di SMA Widya Dharma Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 3(2): 175-193.

Setyadi, D. (2017). Ekspansi Mobile Learning Berbasis Android sebahai Alat angkut Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya. 33(2) 87-92.

Sunarya, L., Apryllia, P., & Isnaini, S. (2016). Design Video Profile Based Multimedia Audio Optis and Broadcasting as Media Promotion. CCIT Journal. 9(3): 318-327.

Tapscott, D. (2009). Grow Up Digital, Yang Cukup umur Yang Mengubah Bumi. Jakarta: PT Gramedia Teks Terdahulu.

Tessmer,M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan Page Limited.

Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Membereskan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Kecondongan Belajar Pelajar. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 195-208.

Zidniyati. (2019). Penguatan Pendidikan Fiil di Sekolah Dasar di Era Persebaran Pabrik 4.0. Tarbiyatuna: KAjian Pendidikan Islam. 3(1):41-58.

Source: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/25278