Berikan Pendapatmu Mengapa Bangsa Eropa Termasuk Belanda Melakukan Penjajahan ke Negara Negara di Asia ?


Sosiologi Info
– Berikan Pendapatmu Cak kenapa Bangsa Eropa Termasuk Belanda Melakukan Penjajahan ke Negara Negara di Asia ?

Berikut dibawah ini yakni merupakan kunci jawaban dalam Uji Kompetensi 4 untuk kelas VII SMP/MTs pelataran 93.

Uji Kompetensi 4

Terbiasa adik adik ketahui bahwa, suatu bangsa tak akan bisa berubah mana rekata bangsa itu enggak ingin dan tidak suka-suka keinginan untuk mengamalkan dan menyangkal dirinya seorang.

Itulah yang terjadi kepada Indonesia. Dimana nasion Indonesia tak akan mana tahu menjadi bangsa nan bebas merdeka berpangkal penjajahan.

Seperti yang dirasakan kapan ini. Apabila tak terserah usaha bikin angot dan memperlainkan diri bermula kolonialisme plong periode terlampau.

Dimana dengan kesadaran bangsa Indonesia untuk kumat dan bersemi melawan penjajahan.

Seiring dengan lahirnya generasi generasi muda yang terdidik dan peduli akan nasib bangsanya sendiri dan nasib kemandirian bangsa Indonesia.

Misalnya sebagai halnya penjajahan Belanda yang dapat menuntaskan daerah kawasan Bangsa Indonesia dalam masa yang cukup lama.

Pada saat itu, Nasion Indonesia sangat mudah cak bagi dipecah belah dan perjuangan yang mana dilakukan oleh nasion Indonesia masih bersifat etnis.

Bukan menyeluruh. Cukuplah Boedi Oetomo hadir laksana salah satu organisasi nasional purwa nan mana.

Meletakkan kehidupan kebangkitan nasional cak bagi perjuangan nasion dan negara Indonesia privat meraih kemerdekaan bangsa Indonesia pron bila itu.

Adik adik, Yuk jawablah soal-cak bertanya di bawah ini dengan benar ya !

Berikan Pendapatmu Mengapa Bangsa Eropa Termasuk Belanda Melakukan Penjajahan ke Negara Negara di Asia ?

Berikut dibawah ini adalah jawaban dari pertanyaan pertanyaan diatas yakni :

1. Rusaknya Ekonomi Eropa dan Berkembangnya Teknologi

Dengan rusaknya ekonomi eropa kapan itu diakibatkan adanya perlagaan.

Sama dengan dengan semakin berkembangnya teknologi pelayaran lega abad ke-15 yang menyebabkan negara negara di eropa.

Nan mereka melakukan ekspedisi bakal mencari perigi sumber ekonomi baru ke seluruh dunia. Salah satunya di Asia dan termasuk Indonesia.

2. Ekspedisi bagi Menemukan Sumber Ekonomi

Pengiriman barang itu ternyata banyak menemukan sendang ekonomi, kapling lahan plonco kerjakan dijadikan dan dilakukannya perdagangan.

Nah dengan hasil temuan itulah, nasion Eropa termasuk Belanda sreg musim itu bukan sekadar melakukan perdagangan cuma.

Melainkan mereka berbarengan menguasai serta mengerjakan kolonialisme dan menjajah negara negara di Asia yang mereka anggap plonco diketemukan.

3. Berburu Rempah Rempah

Memang bangsa eropa dan tertera Belanda yang mereka melakukan penjajahan ke negara negara yang suka-suka di Asia tercantum Indonesia.

Awalnya lakukan mencari rempah rempah. Dimana pada masa itu, rempah rempah merupakan komoditas yang sangat berharga dan menguntungkan secara ekonomi.

Nah dengan adanya rempah rempah inilah menjadi alasan terbesar dan utama bangsa eropa nomplok ke negara di Asia termasuk lah Indonesia.

Rempah rempah yang didapat di Indonesia, kemudian dijual ke eropa ternyata punya harga yang tinggi.

Padalah berusul situlah, Bangsa Eropa termasuk Belanda ingin mengambil rempah rempah secara langsung dari daerah wilayah Indonesia.

Namun, teristiadat diingat bahwa mereka hinggap tidak hanya kerjakan mengambil rempah rempah. Melainkan lagi bagi menjeput alih perdagangan di Indoensia.

Makanya karena itu, dengan demikian maksud dari Bangsa Eropa tertulis adalah Belanda melakukan penjajahan ke negara negara Asia.

Adalah untuk mengambil alih perdagangan serta ingin mengendalikan dan menjumut secara langsung rempah rempah yang dihasilkan di Negara Asia tertulis Indonesia.

Itulah beberapa jawaban berasal soal untuk soal diatas ya adik adik semuanya. Silahkan bikin mengejar target referensi lainnya.

Sececah Sejarah

Dimana dengan jatuhnya konstantinopel ke tangan TURKI USMANI ialah pada periode 1453. Sudah lalu menjadi titik balik buat jalan ekonomi dan politik di Eropa.

Dimana karena itu peristiwa yang menyebabkan terputusnya jalur perkulakan rempah rempah yang melewati Konstantinople.

Dengan kondisi itulah mendorong negara negara di Eropa misalnya seperti Portugal dan Spanyol, Belanda untuk menemukan dan mencari kempang perdagangan lainnya yang menjadi alternatif ke tempat asal rempah rempah tersebut.

Nah bangsa Eropa pertama yang mencapai area Nusantara adalah yang merupakan sumber berguna rempah rempah.

Dimana negara itu yakni bangsa Portugis yang sebatas di Nusantara plong tahun 1512.

Dimana kedatangan dan kesuksesan berbunga Portugis dalam menemukan kolek jongkong pelayaran rempah rempah itulah nan ditiru maka dari itu bangsa eropa tak seperti Belanda misalnya.

Nah proses kedatangan Belanda ke Indonesia dimulai dengan adanya keinginan Belanda menemukan jalur langsung bazar rempah rempah tersebut.

Belanda melakukan penjelajahan dengan memanfaatkan rute.

Dimana sudah lalu ditemukan maka itu Portugal kar rute ini berhasil didapatkan Belanda melewati para petualang nan sebelumnya berdagang di Lisabon.

Berbekalkan informasi mengenai rute pelayaran Portugis itulah, Belanda mengirimkan ekspedisi mungkin pertamanya.

Nah dimana Pengiriman barang ini dipimpin oleh Cornelis De Houtman. Mereka sampai di Banten pada Juni 1596.

Dimana ekspedisi ini menempuh rute yang dilewati pelaut Portugis yakni mengitari Benua Afrika di Semenanjung Harapan.

Ekspedisi dari Belanda inilah berhasil mencapai Indonesia. Buat kali purwa ekspedisi nan dari Belanda berdampak sampai ke Indonesia.

Terimalah dari keberhasilan itulah, Belanda mendirikan kongsi dagang yang disebut dengan VOC.

Dari sinilah mulanya kekuasaan pecah Belanda dan hingga melakukan penjajahan kepada awam Indonesia selama kurang makin sekitar tiga abad.

Demikianlah pembahasan bakal jawaban
Berikan Pendapatmu Mengapa Nasion Eropa Termasuk Belanda Melakukan Penjajahan ke Negara Negara di Asia ?

Berikut dibawah ini yakni ialah kunci jawaban dalam Uji Kompetensi 4 untuk kelas bawah VII SMP/MTs halaman 93.

*Disclɑmer bikin kunci jɑwɑbɑn diɑtɑs

1. Kunci jɑwɑbɑn untuk soɑl pertɑnyɑɑn dɑn tugɑs diɑtɑs tidɑklɑh menjɑdi kunci jɑwɑbɑn yɑng mutlɑk benɑr ɑtɑupun sɑlɑh.

Kɑrenɑ jɑwɑbɑn diɑtɑs hɑnyɑ sebɑgɑi bɑhɑn pembelɑjɑrɑn dɑn bakal menɑmbɑh referensi sɑjɑ. Jɑdi tidɑk ɑdɑ jɑminɑn jɑwɑbɑn diɑtɑs benɑr.

2. Soɑl untuk pertɑnyɑɑn diɑtɑs memungkinkɑn untuk kunci jɑwɑbɑnnyɑ bersifɑt terbukɑ. Itu ɑrtinyɑ ɑdik ɑdik dɑpɑt menɑmbɑh, menemukɑn, mengeksplore jɑwɑbɑn lɑinnyɑ.

3. Kunci jɑwɑbɑn diɑtɑs tidɑk bisɑ dijɑdikɑn sebɑgɑi pɑtokɑn dɑlɑm menjɑwɑb soɑl ɑtɑu tugɑs yɑng diberikɑn.

Jɑwɑbɑn diɑtɑs hɑnyɑ kerjakan bɑhɑn pembelɑjɑrɑn dɑn pegɑngɑn kepɑdɑ siswɑ, pelɑjɑr, ɑtɑu orɑng tuɑ yɑng mendɑmpingi ɑnɑknyɑ belɑjɑr di rumɑh.


Mata air Bɑcɑɑn Sosiologi.info :

Buku Pembelɑjɑrɑn tentɑng Pendidikɑn Pɑncɑsilɑ dɑn Kewɑrgɑnegɑrɑɑn, Edisi Revisi 2022, Penulis oleh Lukmɑn Suryɑ Sɑputrɑ, Idɑ Rohɑyɑni, dɑn Sɑlikun, Penyelisɑ Penerbitɑn oleh Pusɑt Kurikulum dɑn Perbukuɑn, Bɑlitbɑng, Kemendikbud