Cerita Rakyat Kalimantan Selatan Singkat

Cerita rakyat dari Kalimantan Selatan - Pasar Apung

Indonesia memiliki banyak sekali cerita menarik. Salah satunya adalah dari Kalimantan Selatan. Lakukan ia yang kurang familiar dengan cerita berpokok daerah ini, langsung simak saja artikel-artikel berikut, silakan!

Pernahkah kamu mendengar tentang saga Lok Naga? Atau, kamu tahu tidak bagaimana dasar muasal Ii kabupaten Banjarmasin? Wah, tidak tahu juga? Hmm…kayaknya beliau terlazim membaca kisahan rakyat dari Kalimantan Selatan ini, deh.

Mungkin selama ini kamu umumnya mendengar cerita berpangkal Pulau Jawa. Wajar, sih karena memang ceritanya banyak difilmkan. Nah, masa ini saatnya kamu memperluas wawasanmu tentang cerita-kisah terbit daerah lain di Indonesia, pelecok satunya dari Pulau Kalimantan.

Kalau penasaran apa saja kisah dari provinsi yang beribukota di Banjarmasin ini, anda dapat menyimak PosKata. Karena di sini bukan sekadar cerita, kamu juga bisa menyimak unsur intrinsik, pesan moral, dan fakta menariknya lagi, lho! Yuk, simak sinkron aja ceritanya!

Cerita rakyat Nusantara itu ada beragam, lho. Dari beberapa daerah punya kisahan dan sejarahnya tiap-tiap. Di Kalimantan Selatan, ada cerita ki kenangan Datu Pujung. Sekiranya ingin mendaras …

Untuk nan suka cerita rakyat Nusantara, sudahkah kamu membaca legenda Telaga Alam Banyu Batuah? Bila belum, segeralah mengaji kisah tersebut. Tak hanya punya cerita yang menggelandang, …

Sama sama dengan daerah-daerah lainnya, Kalimantan Selatan lagi punya kisah yang seru cak bagi disimak. Keseleo satunya adalah narasi rakyat Pangeran Biawak ini. Penasaran begitu juga apa? Mending …

Mengerti asal mula pecah sebuah wilayah tak doang akan membusut pengetahuanmu, tapi juga bisa menambahkan rasa cintamu pada area tersebut. Kalau kamu bermula Banjarmasin, coba cek kata sandang …

Indonesia kreatif akan cerita rakyat yang berasal dari berbagai daerah, salah satunya adalah legenda Lok Si Dragon. Sekiranya belum familier dengan kisahnya, kelihatannya anda dapat menyimak ulasan …

Jikalau di Jawa Tengah suka-suka leganda Jaka Tarub, Kalimantan Selatan juga mempunyai kisah rakyat nan mirip, yakni Telaga Bidadari. Simak cerita beserta fakta menariknya di kata sandang ini, silakan!

Riuk satu cerita rakyat nan menarik bersumber Saf di Kalimantan Selatan adalah akan halnya Putri Junjung Pelembungan. Baca kisah lengkapnya di artikel ini dan dapatkan fakta menarik serta ulasan …

Cerita Rakyat Dara Junjung Buih

Dulu kala, hiduplah dua raja yang mengatak suatu kewedanan di Kalimantan Selatan. Mereka bernama Raja Patmaraga dan Sukmaraga. Walau hidup mereka berdamai dan fertil,  arwah mereka terasa kurang karena keduanya belum memiliki pertalian keluarga.

Sehabis lama beribadat, akibatnya Paduka Sukmaraga dikaruniai anak lelaki kembar yang dulang. Raja Patmaraga senang spontan sedih. Ia pun terus berusaha bikin mendapatkan keturunan. Hingga satu hari terjadi hal yang tak dinyananya. Apakah itu?

Baca sebaik-baiknya: Mite Putri Junjung Gelembung dari Banjar, Kalimantan Daksina, Beserta Ulasannya

Cerita Legenda Telaga Peri

Purbakala hiduplah seorang pemuda tampan bernama Awang Sukma. Ketika tengah bertindak suling, mendadak dia mendengar tawa perempuan. Setelah diintip, ternyata cak semau para upik cantik paruh bersiram.

Karena terbetot kecantikan keseleo satu gadis, Awang sekali lagi menyembunyikan salah satu selendang mereka. Akhirnya, salah satu dewi tersebut tak dapat pulang ke kahyangan dan menikah dengannnya. Hidup mereka bahagia, setakat suatu saat istrinya menemukan syal tersebut. Lantas apa nan terjadi dengan Awang Sukma dan keluarganya?

Baca selengkapnya: Cerita Rakyat Telaga Bidadari, “Jaka Tarub” semenjak Banjarmasin Beserta Ulasan Menariknya

Legenda Lok Sang Hantu bumi

Terlampau kala, hiduplah sebuah keluarga bahagia yang terdiri berpangkal ayah, ibu, dan 2 anaknya. Hidup mereka berubah setelah si ayah dan ibu tak sengaja memakan telur peruntungan penjaga sungai. Mereka berdua pun berubah menjadi sepasang dragon.

Untuk bisa kembali ke wujud orang, mereka harus menjajari naga penjaga sungai. Mereka berpesan pada kedua anaknya mencacat revolusi wai bagi menegtahui apakah mereka masih hidup ataupun bukan. Bagaimana perturutan usaha kedua orang tua tersebut?

Baca selengkapnya: Cerita Legenda Lok Si Naga dan Ulasannya, Kisah Kepahlawanan Orangtua bikin Anak Tercinta

Sumber akar-Usul Kota Banjarmasin

Pada jaman habis kala, berdirilah satu kerajaan bernama Kerajaan Daha nan dipimpin oleh Putri Kalungsu. Sedihnya, terjadi banyak pertikaian di kerajaan itu yang mengakibatkan matinya para pemimpin kerajaan. Puas saat kepemimpinan Syah Tumenggung.

Banyak yang menduga bahwa Sinuhun Tumenggung akan membunuh rivalnya, Pangeran Samudera. Karena itu, para bendahara dulu menyembunyikannya. Sayangnya, persembunyiannya terungkap. Bagaimana sukma Yamtuan Samudera berikutnya?

Baca selengkapnya: Narasi Radiks Mula Kota Banjarmasin dan Ulasannya, Bukti Ketulusan akan Mengalahkan Kebatilan

Narasi Rakyat Tuanku Beriang

Dahulu kala, hiduplah seorang sultan dengan 7 putrinya nan kesemuanya masih lajang. Karena ingin semua putrinya lekas menikah, raja lagi mengadakan sayembara. Barangsiapa berhasil membangun istana, maka dia akan dinikahkan dengan pemudi-putri raja. Kemudian, datanglah 6 pemuda nan berhasil membangun puri, tapi tidak ada yang bisa membuat episode terpenting mulai sejak istana, ialah jembatan.

Momen lain ada yang bisa, datanglah seorang ibu dengan anaknya yang berujud ikut sayembara. Akhirnya, anak ibu tersebut berhasil membangun jembatan dan aji pun bersedia membaurkan putrinya dengan anak berpunca ibu tersebut. Masalahnya, anak berpunca ibu itu merupakan seekor biawak. Lalu, apakah nona mau mengawini pemenang sayembara tersebut?

Baca selengkapnya: Legenda Yang dipertuan Biawak Asal Kalimantan Selatan Beserta Ulasan Menariknya

Legenda Situ Kalimantang Banyu Batuah

Kisah ini membualkan tentang seorang anak nan sakti lagi baik budi. Anak asuh yang lahir di Suku Dayak Biauju ini bernama Halaban. Satu periode, ia kedatangan sendiri saudagar berada yang ingin meminang tolong padanya.

Anak saudagar kaya itu menderita sakit parah dan runyam. Menurut mimpi sang saudagar, anaknya hanya bisa disembuhkan dengan air bersumber Pegunungan Bajuin. Karena tak semua insan bisa mengambilnya, maka dia meminta tolong lega Halaban. Masalahnya, cak bagi dapat menjumut air tersebut, Halaban harus menghadapi hambatan bertubi dan nyawanya pun dipertaruhkan untuk itu. Lalu, bagaimana reaksi Halaban? Apakah engkau mau menggadaikan nyawanya demi si saudagar?

Baca selengkapnya: Narasi Tasik Alam Banyu Batuah, Cerita Rakyat berbunga Kalimantan beserta Ulasannya

Kisah Rekaman Datu Pujung

Alkisah, berdirilah sebuah kerajaan raksasa di Kalimantan Daksina bernama Kerajaan Derek. Imperium tersebut dipimpin oleh syah yang sangat tersohor, yaitu Aji Suriansyah.

Satu hari, bom kerajaan tersebut didatangi makanya segerombolan orang luar nan berambut kuning dan bermata biru. Kira-duga, siapakah mereka? Barang apa maksud mereka datang ke danau?

Baca selengkapnya: Legenda Datu Pujung berbunga Kalimantan Selatan Beserta Ulasan Lengkapnya, Kisah Poyang Sakti yang Berhasil Mengetanahkan Negeri

Khonita Fitri
Pengedit
Khonita Fitri

Seorang penulis dan editor lulusan Jamiah Diponegoro jurusan Bahasa Inggris. Passion terbesarnya yaitu mempelajari berbagai bahasa asing. Selain bahasa, ambivert yang memiliki prinsip hidup “When there is a will, there’s a way” untuk menikmati “suguhan” yang disuguhkan vitalitas ini pula menyukai irama instrumental, buku, genre thriller, dan misteri.

Source: https://www.poskata.com/pena/cerita-rakyat-kalimantan-selatan/

Posted by: soaltugas.net