MENGENAL Kedelai Plonco

  • oleh pertapa

  • 05 Agustus 2022 14:25:08

  • 27669 views

(Temon, Agustus 2022) Kacang bau kencur (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di negeri tropika. Tanaman yang tercantum suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-waktu bak mata air bahan wana berprotein nabati tinggi. Polong hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting misal pohon pangan legum, sehabis kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau merupakan komoditas strategis yang dapat ditanam dilahan sawah kering ketika musim kemarau dan probabilitas kemajuan lebih tinggi dibandingkan dagangan lainnya. Selain sifatnya yang kersang, harga jual kacang hiaju kembali relative makin mahal dibandingkan dengan jenis kedelai-kacangan lainnya.

Kacang baru adalah pohon sepersaudaraan palawija nan dikenal luas di area tropis, produksi kedelai yunior laksana bahan olahan objek pangan berprotein nabati tangga dan berperan dalam menumbuh kembangkan industri kecil maupun sedang. Penggalan minimal bernilai ekonomi yakni bijinya. Angka kacang yunior direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan sambil. Biji menguning nan digerus dan dijadikan sebagai isi onde-onde, bakpau, atau gandas turi. Kecambah kacang mentah menjadi sayuran nan publik dimakan di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara dan dikenal bak tauge. Kacang hijau bila direbus layak lama akan pecah dan pati yang terkandung n domestik bijinya akan keluar dan mengental, menjadi semacam bubur. Tepung biji kacang hijau, disebut di pasaran sebagai serbuk hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Serbuk ini lagi bisa diolah menjadi kwetiau nan dikenal sebagai soun.

Bin hijau ialah salah suatu pokok kayu yang boleh digunakan lakukan menggantikan konsumsi nasi. Tanaman ini juga dikenal dengan sebutan
green gram,
mung bean,
golden gram, dan nama ilmiah
Vigna radiata L. Tanaman kacang hijau tumbuh produktif dan terus diproduksi di Tiongkok, Asia Tenggara, hingga Amerika Kidul. Tak heran, memahfuzkan kas dapur vitamin dan khasiatnya begitu plural. Satu gelas kacang hijau seberat 100 gram boleh memberikan Beliau kandungan zat gizi sebagai berikut.

  • Energi: 323 kkal
  • Protein: 23 gram
  • Lemak: 1,5 gram
  • Fruktosa: 56,8 gram
  • Serat: 7,5 gram
  • Karoten (Vitamin A): 223 mikrogram
  • Thiamin (Nutrisi B1): 0,5 miligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,15 miligram
  • Niasin (Nutrisi B3): 1,5 miligram
  • Vitamin C: 10 miligram
  • Kalsium: 223 miligram
  • Fosfor: 319 miligram
  • Logam: 7,5 miligram
  • Potasium: 816 miligram
  • Zinc: 2,9 miligram

Kemenangan budidaya bin hijau pada musim kering sangat ditentukan oleh penyiapan lahan nan baik, pemilihan jenis nan sesuai, jadwal tanam yang tepat, anugerah pupuk dan pengendalian OPT. Komponen teknologi nan dapat dikembangkan buat meningkatkan potensi agribisnis kacang hijau menjadi pertimbangan utama bagi penanam bakal diadopsi. Mandu bertanam kacang hijau nan sering dilakukan oleh petani adalah menyiapkan lahan, mandu tanam, jarak tanam dan terkadang menggunakan mulsa sisa jerami padi. Pada tanah sawah yang masih becek sehabis panen pari, diperlukan perbaikan saluran drainase karena kondisi becek dapat menyebabkan biji yang ditanam tidak tumbuh karena memburuk. Saluran drainase lagi berfungsi bakal membuang air nan tergenang atau guna air di areal sawah. Sedangkan kapling yang ketersedian airnya terbatas dan tidak memungkinkan lakukan melakukan pengairan maka susukan drainase tidak perlu dibuat. Cara berbendang nan dilakukan pekebun sudah lalu teratur dengan menunggangi alat tugal (ceblok). Dengan peranti ini dihasilkan jarak tanam 40 x 20 cm2 atau menirukan jebolan jarak legowo padi sebelumnya, sehingga populasi pokok kayu kacang bau kencur masih dibawah jarak yang dianjurkan yaitu 40 x 15 cm2. Saja demikian karena tipe lokal super mempunyai lembaga morfologi yang lebih besar dari macam unggul, pengusahaan jarak tanam 40 x 20 cm2 boleh dianjurkan. Lega umumnya pemupukan bin yunior di petak sawah tidak meningkatkan hasil skor kecuali pada tanah yang kahat partikel hara yang dibutuhkan tanaman.

Penyiangan tidak pernah dilakukan maka itu orang tani karena bidang tanah yang mutakadim mengkristal sehingga meruwetkan kerumahtanggaan pelaksanaannya. Pada umumnya gulma bau kencur tumbuh setelah bin hijau berusia 35 hari sehingga bukan berkarisma terhadap pertumbuhan dan hasil biji. Pengendalian OPT tanaman kedelai mentah dilakukan dengan pendekatan mekanis kimiawi. Kacang hijau nan ditanam di hari kemarau, umumnya kian rentan terhadap serangan OPT. Ketersediaan air yang invalid, sinar yang pas erotis, kelembaban udara nan sedikit menolak kronologi wereng dan penyakit tertentu cukup pesat. Hama yang sering menyerang merupakan penggerek polong (Maruca testulalis), Thrips, oteng-oteng, dan penggulung patera. Sedangkan penyakit nan sering mengupas kacang plonco yakni embun tepung dan bercak patera. Disarankan monitoring OPT dilakukan secara rutin hendaknya populasi OPT di lapangan terdeteksi lebih dini. Pengendalian kimiawi dilakukan apabila populasi OPT maupun intensitas penyakit sudah mencecah muara batas pengendalian.

Panen dilakukan selepas bin mulai berwarna kuning kecoklatan atau hitam. Sehabis 80-90 % kacang matang fisiologis, petani mengamalkan pemanenan baik dengan prinsip balung, dipotong ranting/ batang fragmen atas. Setelah panen, biji kacang plonco dijemur dibawah sinar matahari sampai garis hidup air kacang mentah menjadi sekitar 14-16 %. Seterusnya dikemas n domestik karung dan dipasarkan.

Polong yunior memiliki tembolok protein yang cukup tinggi dan yakni sumber mineral terdepan, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan alat pencernaan lemaknya yaitu asam lemak enggak jenuh. Kandungan zat kapur dan fosfor pada kacang bau kencur bermanfaat untuk memperkuat benak. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak nan sangat baik bagi mereka yang ingin pergi konsumsi nikmat tinggi. Kadar legit yang rendah n domestik kacang hijau menjadikan bahan makanan alias minuman yang terbuat terbit kacang hijau lain mudah berbau.

Lemak kacang hijau tersusun atas 73% bersut lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung gurih tak jenuh hierarki. Asupan lezat lain jenuh hierarki penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kacang hijau mengandung vitamin B1 yang berfaedah untuk pertumbuhan dan vitalitas pria. Maka kacang baru dan turunannya sangat cocok cak bagi dikonsumsi oleh mereka yang baru menikah.

Kacang hijau kembali mengandung multi protein yang berfungsi mengganti sel mati dan membantu pertumbuhan penjara fisik, oleh karena itu momongan-anak dan wanita yang baru saja bersalin dipetuakan bakal mengkonsumsinya. Bin yunior teragendakan sumur protein, vitamin, serta mineral terbaik di antara kedelai-pasaran sejenisnya. Suka-suka kembali antioksidan dan senyawa tumbuhan bernama fitokimia nan setimbang-sama dapat memberikan khasiat kacang mentah.
Kelebihan Kacang Hijau bakal Kesehatan Awak,
Ada beragam manfaat bin bau kencur untuk kebugaran yang dapat diperoleh dan pelalah jika dilewatkan, yakni:


  • Mengurangi risiko kehamilan bermasalah
  • Memudahkan pencernaan
  • Meletakkan risiko terkena penyakit jantung
  • Menjaga berat tubuh
  • Menempatkan kadar kolesterol
  • Menambah stamina bodi
  • Mengedrop risiko terjangkit osteoporosis
  • Bermanfaat pada orang yang menderita komplikasi hati
  • Berpotensi mencegah kanker
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Menurunkan batu momen PMS
  • Menurunkan tekanan darah

(Sendang: Rohaniwan Khumaini, SP BPP Temon)