Dalam Sejarah Indonesia Kita Mengenal


Album Indonesia

 menghampari satu juluran waktu yang sangat panjang yang dimulai sejak zamanprasejarah berdasarkan invensi “Manusia Jawa” yang berusia 1,7 miliun tahun nan lalu. TahunsejarahIndonesia bisa dibagi menjadi lima era: Era Prakolonial, munculnya kerajaan-kerajaanHinduBuddha danIslam diJawa,Sumatra, danKalimantan nan terutama mengandalkan perdagangan; EraKolonial, masuknya orang-orangEropa (terutamaBelanda,Portugis, danSpanyol) nan menginginkanrempah-rempah mengakibatkankolonialisme maka dari ituBelanda sepanjang sekitar 3,5 abad antara awalabad ke-17 hingga pertengahanabad ke-20; Era Kemerdekaan Semula, pasca-Mualamat Kemerdekaan Indonesia (1945) sampai jatuhnyaSoekarno (1966); EraOrde Bau kencur, 32 hari masa pemerintahanSoeharto (19661998); serta OrdePerbaikan yang berlantas setakat sekarang.



https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/16/Sangiran_17-02.JPG/220px-Sangiran_17-02.JPG

Replika tengkorak manusia

Jawa nan pertama kali ditemukan di Sangiran

Secara geologi, negeriIndonesia modern (buat kemudahan, lebih lanjut disebutNusantara) merupakan pertemuan antara tiga lempeng benua utama:Lempeng Eurasia,Lempeng Indo-Australia, danLempeng Pasifik (lihat kata sandangGeologi Indonesia). Kepulauan Indonesia sebagai halnya yang ada saat ini terpelajar pada saat melelehnyaes pasca- berakhirnyaZaman Es, sekitar 10.000 tahun nan lalu.

Sreg masaPleistosen, ketika masih terhubung denganAsia Daratan, masuklah warga pertama. Bukti pertama yang menunjukkan warga awal merupakan sisa purba-fosil
Homo erectus
manusia Jawa mulai sejak masa 2 miliun hingga 500.000 tahun lalu. Penemuan sempelah-sisa “khalayak Flores” (
Homo floresiensis
) diTerowongan Bua,Flores, membuka kemungkinan masih bertahannyaH. erectus hingga periodeZaman Es terakhir.





Homo sapiens


 pertama diperkirakan masuk ke Nusantara sejak 100.000 periode yang lalu melewati jalur pantaiAsia dari Asia Barat, dan sreg sekitar




60
.
000 sampai 70
.
000 masa yang lalu mutakadim mencapai Pulau Papua dan Australia. Mereka, yang berfenotipe kulit liar dan rambut ikal rapat, menjadi nenek moyang penduduk asliMelanesia (terjadwalPapua) sekarang dan mengapalkan kultur kapak lonjong (Paleolitikum). Gelombang pendatang berbahasa Austronesia dengan peradabanZaman batu baru cak bertengger secara bergelombang sejak 3000 SM berasal Cina Selatan melampauiFormosa danFilipina membawa peradaban beliung persegi (kebudayaan Dongson). Proses migrasi ini adalah bagian daripendudukan Pasifik. Kedatangan gelombang penduduk berciriMongoloid ini mendatangi ke arah barat, menggeser pemukim sediakala ke arah timur alias berkawin campur dengan penduduk setempat dan menjadi ciri fisik pendudukMaluku sertaNusa Tenggara. Pendatang ini mengangkut serta teknik-teknikpertanian, teragendakan berjumpa dengan tanampadi disawah (bukti paling lambat sejak abad ke-8 SM), bepeliharaankerbau, perebusankaleng danbesi, tekniktenun ikat, praktik-praktikmegalitikum, serta pemujaan hayat-roh (animisme) serta benda-benda keramat (dinamisme). Pada abad pertama SM sudah terjaga permukiman-permukiman serta kerajaan-imperium boncel, dan sangat barangkali telah masuk pengaruh pendamping dariIndia akibat perhubungan perniagaan.

Source: https://cimahikota.go.id/artikel/detail/1222-sejarah-indonesia-pra-sejarah

Posted by: soaltugas.net