Langkah Langkah Menyunting Teks Eksposisi

Selamat datang di Blog Pusparagam Materi bahasa Indonesia, dimana blog ini berisi tentang kumpulan materia bahasa indonesia. Selain himpunan materi bahasa indonesia blog ini juga berisi tentang RPP Bahasa Indonesia. Lakukan memperluas cak cakupan tentang kabar di marcapada pendidikan maka saya sisipkan berita terbaru tentang dunia pendidikan di indonesia.

Memperbaiki merupakan kegiatan menyiapkan skenario menjadi lebih baik dengan mengecap segi sistematika penguraian, isi, dan bahasa (mencantol ejaan, diksi, dan struktur).
Persiapan-persiapan menyunting isi wacana eksposisi ialah sebagai berikut.

Membaca kalimat demi kalimat dalam pustaka.

  • Memperbaiki tanda baca dan ejaan.
  • Memperbaiki keterpaduan alinea.
  • Mengklasifikasikan wacana pada tesis, argumen atau penjelasan, dan penegasan kembali.
  • Menghilangkan kalimat yang mengandung kemustajaban eksplisit berwujud ajakan berbuat sesuatu nan diinginkan penulis.

Penyuntingan teks eksposisi ini harus dilakukan dengan melihat apakah bacaan eksposisi tersebut sudah sesuai dengan struktur dan cara teks eksposisi alias belum. Dengan demikian, situasi permulaan nan harus dipahami merupakan struktur bacaan eksposisi. Sama dengan apa struktur dan kaidah wacana eksposisi ini? Perhatikan materinya berikut ini.

Struktur dari sebuah referensi eksposisi mencakup:

  • Tesis/pernyataan umum

Di bagian ini dabir akan menyampaikan pernyataan mahajana atau pernyataan pembuka adapun sesuatu. Contohnya : “Pendidikan di Indonesia rasanya sudah semakin mengkhawatirkan”.

  • Penjelasan

Di episode ini juru tulis akan membeberkan berbagai pengetahuan yang berupa fakta alias data sebagai pembahasan lanjutan bersumber pembahasan mahajana tadi. Teladan “Masalah bangunan sekolah yang roboh pelecok satu eksemplar bukti nyata masalah pendidikan di Indonesia. ”

  • Penegasan pendapat atau simpulan

Di babak ini, juru tulis mengulas data-data yang boleh menguatkan pendapatnya. Penguatan ini ditunjang maka itu fakta-fakta yang mendukung. Contohnya, “Dengan kondisi pendidikan nan seperti ini, tak heran sekiranya loklok pendidikan lagi menjadi semakin melandai bermula tahun ke perian”.

Penyuntingan juga dilakukan dalam hal ejaan dan manajemen bahasa ibarat berikut.

  • Penggunaan kata baku. Kata seremonial harus digunakan n domestik penulisan teks apapun, termuat teks eksposisi. Kata protokoler merupakan alas kata bahasa Indonesia yang resmi dan sesuai dengan ketetapan bahasa Indonesia. Contohnya, kualitas, standar, sistem, dan sebagainya, berasimilasi, dan sebagainya.
  • Pengusahaan bunyi bahasa. Penggunaan tanda baca juga harus diperhatikan sebagai halnya cap titik (.), koma (,), noktah koma (;), pemanfaatan huruf kapital, dan sebagainya.
  • Keterpaduan paragraf. Keterpaduan paragraf diperlukan agar tulisan menjadi runtut dan mudah dipahami. Gugus kalimat nan padu harus n kepunyaan sekurang-kurangnya 2 kriteria yakni memiliki suatu ide pokok dan sejumlah pikiran penjelas, dan adanya tautan/koherensi antarkalimatnya. Hendaknya terjadi keterpaduan antarparagraf, penulis biasanya memperalat kata hubung/konjungsi antarparagraf seperti oleh karena itu, jadi, dengan demikian, dan sebagainya.
  • Keefektifan kalimat. Kalimat nan digunakan juga diusahakan seefektif kelihatannya. Misalnya, kalimat “Masakan ibu sudah matang” lebih efektif dibanding “Masakan yang dimasak ibu sudah matang”.

Kerumahtanggaan sebuah teks eksposisi penulis pun biasanya mengemukakan pendapat atau argumentasinya yang bersifat satu arah. Artinya, penyadur boleh mendukung alias sekata akan sesuatu yang dijelaskan intern manifesto tersebut atau malah menolaknya. Pencatat akan mengemukakan pendapatnya ini dengan menggunakan pronomina sama dengan saya, aku, kita, ataupun kami.

Adapun langkah-ancang yang dilakukan dalam sebuah penyuntingan yakni :

  •  Membaca referensi secara keseluruhan
  • Menandai kata atau kalimat yang tidak sesuai.
  • Memeriksa keterpaduan paragraf nan satu dengan paragraf lainnya.
  • Melakukan perombakan dengan mengubah atau mengganti kata, kalimat, atau alinea yang tidak sesuai.

Sangat semacam itu mudah bukan penjelasan di atas ? terima kasih sudah mengaji dan semoga bermanfaat.

Source: http://materidelari.blogspot.com/2015/04/materi-tentang-cara-menyunting-teks.html

Posted by: soaltugas.net