Sekarang Di Mesir Jam Berapa

Mesir? Optimistis mau traveling ke Mesir? Udah yakinin aja! Sewaktu caw esok ye…

Eh, tapi tunggu lewat sih. Dulu WNI dapat menggunakan Visa On Arrival, jadi sampai Bandara Internasional Kairo kalian boleh bertepatan beli visa dan masuk Mesir. Karena situasi politik dan hal lainnya, sekarang kalian harus mengajukan visa terlebih tinggal ke kedutaan Mesir di Indonesia dengan harga visa 30 USD. Proses ini akan lama, tapi kalau kepingin cepat kalian bisa menggunakan jasa

travel
.

Padalah, saat ini kalian bisa nentuin cak hendak pergi ke mana di Mesir. Di sini suka-suka beberapa saran tempat yang pastinya wokeh buat dikunjungi. Takdirnya Kairo pasti kalian sudah banyak mendengar tentangnya, kan? Nah, siapa ini kami akan membincangkan tentang Gunung Sinai dan Pantai Dahab.


Gunung Sinai

Gunung Sinai terletak di Semenanjung Sinai, Mesir. Merupakan salah satu tempat bersejarah di mana, disebutkan kerumahtanggaan Alquran, Utusan tuhan Musa ‘
Alaihissalam

mengamini wahyu bermula Allah

Subhanahu wa Ta’ala
. Dolok Sinai juga menjadi tempat bersejarah bagi kaum Yahudi ataupun Nasrani, karena banyak peninggalan-warisan kuno nan diperkirakan terserah sejak zaman Rasul Musa AS.

Menuju Gunung Sinai membutuhkan waktu selingkung 10 jam dari kota Kairo. Karena tak suka-suka bus yang condong ke sana, kalian bisa mencarter mobil atau meminta

travel agent

bikin menyediakan transportasi dan

guide
. Banyak juga basyar Indonesia dan

travel agent

Indonesia yang menyewakan mobil kerjakan keliling Mesir.

Mahasiswi Indonesia sukses mendaki Jabal Sinai

Umumnya khalayak nan akan menginjak ke Sinai pecah Kairo akan mulai jam tujuh ataupun delapan pagi, dan akan sebatas sekitar jam enam sore. Ada dua tempat wajib yang harus kalian kunjungi di tengah perkembangan menuju gunung Sinai, yaitu: 1) Benteng Berlief, yang dulunya yaitu kubu jebolan Israel momen hendak bertualang mesir, 2)

Uyun Musa

atau mata air Musa, yang dulunya ialah 12 sendang nan berpangkal berasal sebuah batu yang dipecahkan Nabi Musa AS dengan tongkatnya untuk memberi minum 12 suku kaumnya.

Kerjakan hotel, kalian boleh langsung menuju hotel Wadi Muqaddas dengan biaya 100 le ketika setakat di sana. Bikin bersantap, kalian bisa berburu tembolok khas Sinai yakni ayam bakar Sinai dengan harga selingkung 80 le seporsinya di sekitar hotel. Alias, kalian bisa membawa bekal makanan Indonesia bersumber Kairo. Banyak kedai minum Indonesia yang menyediakan jasa katering.

Galibnya, para pendaki mulai menanjak sekitar pengetuk satu malam. Dibutuhkan masa kurang lebih lima jam buat menyentuh puncak Giri Sinai, jadi kalian boleh menikmati

sunrise

momen sampai di puncak nanti. Harga tiket masuk Argo Sinai sebesar 5 le bagi

student

dan 25 le untuk

tourist
.

Tepat di kaki Gunung Sinai kalian akan menemui biara Saint Catherine yang konon dibangun lega hari 530 Masehi. Lega perian dingin kalian harus mempersiapkan rok yang memadai tebal karena lain terik terwalak salju. Untuk masa semok saja berbekal satu jaket pun tidak kelainan.

Tinggi Gunung Sinai invalid makin 2.285 meter di atas permukaan laut. Tempat nan ditempuh sekali lagi terbilang curam karena sejauh perjalanan kalian hanya akan menjumpai bebatuan, tidak ada tumbuhan ataupun suket (maklum, Mesir hehe). Di perjalanan terdapat 4 pos yang bisa dijadikan kancah berlindung cak bagi sekedar minum

shay (teh)
, ataupun memesan Indomie. Di puncak Gunung Sinai juga terdapat gereja yang bersebelahan dengan masjid.

Setelah kalian puas berfoto dengan

sunrise

di puncak, kalian akan turun (ya pastilah, yakali naik kembali). Setelah itu kalian bisa sahaja pulang spontan ke Kairo, cuman sebenarnya kurang mantab jikalau kalian enggak pergi ke Pantai Dahab, ya mantab lah tahun gak juga, itung itung sekali dayung dua pulau terlampaui. Oh iya, perjalanan dari Sinai ke Dahab itu sekitar dua jam.


Dahab

Dahab ialah suatu desa yang terletak di rantau tenggara Semenanjung Sinai di Mesir. Perjalanan menuju Dahab ditempuh sekitar dua jam berpunca Jabal Sinai. Dahab terkenal dengan banyaknya wisata yang ditawarkan, begitu juga: safari,

diving, snorkeling, glass boat, red canyon
, dan lainnya. Kesan mula-mula nan ditemukan saat setakat di Dahab adalah tempatnya yang begitu mati dan jauh pecah hiruk pikuk keramaian kota. Dahab pula punya pemandangan yang indah karena dikelilingi maka dari itu pantai dan pegunungan.

Cak bagi hotel di Dahab kalian bisa kontan mengejar hotel Octopus atau Yasmin. Keduanya mempunyai harga nan sama, adalah 150 le permalam. Untuk kalian yang ingin safari dengan ATV (quad bike) maupun

diving
,

snorkeling
, kalian dapat bilang ke resepsinonis hotel.

Kerjakan lambung, kalian bisa temukan banyak restoran Mesir di dekat hotel atau bisa juga mencarter dapur di hotel dan menguning sesuka hati kalian di danau. Umumnya, makanan yang dijual adalah

seafood

karena Dahab berada di sanding pantai.


LUXOR dan ASWAN

Kepingin tau apa yang lebih impresif tinimbang piramida atau museum Tahrir ? Luxor dan Aswan jawabannya. Enggak transendental rasanya jikalau pengagum Mesir historis tidak meninggalkan ke Luxor dan Aswan.

Luxor, atau Al Aqsar, yaitu sebuah kota modern yang terwalak di kedua tepi timur dan barat Sungai Nile di Mesir bagian utara. Dibangun di bekas lokasi Thebes, ibu kota Mesir kuno yang tersohor (2052 SM). Raja-raja Firaun memerintah di sini, menciptakan peradaban nan belum pernah dilihat dunia sebelumnya.

Tanah-tanah padang kersik halus penggalan baratnya yang pada masa lepas dikenal sebagai “kota kematian” ialah wadah di mana semua penerus Batara Amun dimakamkan bersama kekayaan yang bisa dibawa ke jiwa lestari (menurut tangan kanan mereka). Menyimpan catatan koleksi seni dan catatan arkeologis Mesir purba yang mampu, sebagian bahkan dirunut kembali sampai 3000 SM. Penggalian terakhir dilakukan di atas makam Fir’aun kecil, Tutankhamun, yang penuh dengan perhiasan emas, patung dan bilyet.

Daerah tingkat Luxor bukan ii kabupaten nan luhur seperti Maldives dengan pantainya atau Indonesia dengan argo dan hutannya. Namun, ketika kalian menginjakkan suku di Luxor dan melihat kuil-kuil para raja mesir kuno berpokok zaman tahun 2000an SM, kalian seakan ditarik kembali ke hari SM. Dijamin kalian akan merasakan decak kagum nan habis!

Ada sejumlah prinsip kalian bisa menyingkir ke Luxor. Yang pertama, dengan kereta api. Karena Mesir masih n domestik tahap PDKT dengan teknologi milenial sekarang ini, kalian hanya bisa membeli tiket kereta di stasiun Ramses. Harga kereta mulai semenjak 57 le hingga dengan 500 le, tergantung kelas kereta api. Kalian bisa lihat harga, kelas kereta, dan jadwalnya dengan cara men-
download

aplikasi Rail Egypt di Playstore. Jarak yang ditempuh sekitar 11 jam.

Yang kedua, dengan pesawat. Harga tiket pesawat kisaran 500-800 le. Kalian bisa membeli pecah kios-kios badal tiket terdekat. Jarak yang ditempuh dengan pesawat ke Luxor doang satu jam saja.

Yang ketiga yaitu dengan mobil. Kalian bisa menyewanya dari rental mobil terdekat berpokok hotel. Maupun, kalau kalian tidak cak hendak ribet karena barangkali akan diminta berkas bermacam macam jika menyewanya mulai sejak individu Mesir, kalian dapat menyewanya pecah rental orang Indonesia di negeri Hay Asyir dan Hay Sabi’. Harganya pun termasuk murah.

Yang terakhir yaitu dengan bis. Kalian bisa membeli tiketnya lewat

www.go-bus.com

maupun secara langsung di Ramses Station. Harga yang ditawarkan pun farik berpokok 125-285 le, tergantung dengan kelasnya. Waktu yang dibutuhkan sekitar 10 jam, makin cepat daripada sepur.

Disarankan lakukan mendaki transportasi malam hari untuk menghemat biaya. Untuk hotel di Luxor kalian boleh langsung menghadap hotel Emalio dengan harga $15 permalam. Atau kalian bisa mencari nya di Google atau ketika sampai Luxor jemah.

Kota Luxor kerjakan palagan pariwisata terbagi menjadi dua, Luxor barat dengan Luxor timur. Untuk Luxor timur kalian akan disuguhi dua

temple

yang tinggal mulia, yaitu Karnak Temple dengan Luxor Temple.

Segala apa itu Luxor Temple dan Karnak Temple? Siapa yang membuatnya? Dibina waktu berapa? Kalian dapat cari di Google ya, jikalau ditulis di sini umumnya nanti, dan kalian pasti males bacanya, haha. Jika kalian cak hendak pergi ke Luxor Temple bermula Karnak Temple atau sebaliknya, kalian bisa naik angkutan publik bentuknya seperti angkot dengan harga 1,5 le.

Luxor Temple

Di seputar sungai Nile ada semacam perahu layar yang bernama Falluca. Kalian bisa menikmati senja berusul atas perahu ditemani dengan sejuknya angin magrib. Palagan Falluca ini terletak di belakang Luxor Temple. Biasanya mereka mempersunting bayaran tiap-tiap jam, sekitar 20 le masing-masing jam dan masing-masing sosok. Mandraguna-pintar sekadar nawar, kalian dapat dapat harga yang lebih murah, haha.

Falluca

Oh iya, lakukan makanan kalian bisa membeli bahan makanan di pasar Luxor. Kalian bisa soal resepsionis hotel lokasinya. Lampau kalian boleh memasak di dapur hotel.

Atau kalian males masak? Kalian bisa ke kedai kopi Hati Harif, yang letaknya di depan stasiun kereta jago merah. Harganya murah dan menunya enak-nikmat.

Recommended

banget sih.

Kerjakan Luxor barat, bikin sekedar pindah lokasi kalian bisa menaiki perahu umum buat penyebrangan. Tempatnya berdekatan dengan perahu-sumbuk Falluca. Apabila mau

explore

Luxor barat, disarankan bikin mengontrak kendaraan karena angkutan mahajana di Luxor barat tidak sebanyak di Luxot timur. Jika kalian lebih semenjak lima cucu adam, sewa saja HIACE. Mohon tetapi kepada resepsionis hotel, lazimnya kalian akan ditawari

sharing

dengan turis atau pribadi saja. Atau jika kalian kurang bermula panca anak adam, maka bertambah baik kalian stop salah suatu taksi dan

deal

harga dengan mereka.

Di Luxor barat ada empat tempat. Valley of The King (enggak Via Vallen ya), Hatsepsut Temple, Madinet Habu, dan Colossi of Memnon. Ada juga tempat naik balon udara di Luxor barat, akrab dengan Colossi of Memnon. Lumrah balon udara menanjak pukul 5 pagi, jadi kalian harus berada di lokasi sebelum pengetuk 5 pagi. Dan pesannya harus minimal satu hari sebelum perian H. Harganya pun berbeda-beda. Minimal mahal biasa di bulan Desember, Januari, Februari. Kalau kalian tak ada

budget
, kalian bisa memencilkan ke tempatnya dan numpang foto-foto belaka, yaa karena menampang foto adalah sebagian proses naik. Haha.

Sebenar-benarnya hari di Luxor itu pas, tidak terlalu cepat dan juga tidak sesak lama. Sebenarnya kurang lengkap kalau kalian menempuh perjalanan sekitar 11 jam dan kalian tidak pergi ke Aswan juga. Kotanya lagi setimbang indahnya dengan Luxor dan jaraknya hanya 3 jam perjalanan. Hitung-hitung sekali sadau dua pulau terlampaui, ya teko?

Aswan yakni kota episode selatan Mesir nan berjarak 904 km berpokok Kairo. Ii kabupaten Aswan dibelah maka dari itu bengawan Nile dengan pemandangan serba alami. Seia dikunjungi di rekata tahun tawar rasa.

Internal bahasa Mesir kuno, kata Aswan dikenal dengan segel Suno. Hanya, momen Islam menclok ke Mesir, muslimin menamakannya Aswan. Untuk ke Aswan berasal Luxor kalian dapat menggunakan kereta jago merah dengan harga 10 le – 60 le. Maupun angkutan umum antar ii kabupaten boleh kalian temui di stasiun angkutan umum antar kota dengan biaya 35 le. Bisa juga dengan bus yang halal kelihatan enggak jauh bermula stasiun kereta api. Atau dengan transportasi

high class

begitu juga pesawat dan kapal nan menyusuri kali besar Nile dari Luxor sampai Aswan. Dijamin kalian akan terlena dengan keindahan sungai Nile dan juga pemandangan tak tergantikan. Sayangnya, kalian harus merogoh kantong kalian lebih dalam karena kisaran harga untuk menghindari dengan kapal itu sekitar $200.

Jika kalian hanya mau ke Aswan namun semenjak Kairo kalian bisa membeli tiket bus atau kereta api dari stasiun Ramses Kairo. Untuk asrama di Aswan kalian bisa meninggalkan ke Basma hotel dengan harga $13 permalam. Lokasi nya pun dempang dengan pasar Aswan dan kafe-restoran Mesir. Dan Insya Allah makanannya setuju lakukan lidah asia kita.

Lakukan

explore

Aswan, ada beberapa ajang

recommended
, yaitu: Philae Temple, High Pengembang, Nubian Village, Ferial Garden, Nubian useum, dan Abu Simble. Kalian doang titit transportasi idiosinkratis lakukan ke Philae Temple, High Dam dan Serdak Simble saja karena transportasi umum runyam ditemui lakukan ke sana.

Bagi ke Nubian village kalian harus menyingkir dengan berlepas dan memakan waktu selingkung 45 menit dengan harga 20 le sendirisendiri orang per jam. Biasanya, kalian hanya akan diberi masa 1 jam bikin

explore

Nubian Village makanya supir arombai. Waktu yang paling enak bakal pergi merupakan sekitar jam 10 pagi karena penduduk Nubian masih terlelap di bawah jam 10 pagi. Ketika sore start kalian bisa memintal dua cara menikmati senja di Aswan, merupakan dengan bakir di atas air alias menaiki Falluca dengan biaya 20 le saban orang dan tiap-tiap jam, atau dengan melihat semua aktivitas wai Nile dari atas alias semenjak Ferial Garden karena tempatnya yang tinggi sebagai halnya bukit. Dijamin kalian akan melihat ‘

best view ever’

in Aswan deh!

Abu Simble

Nah, ada sedikit nan menarik dari Abuk Simble. Bubuk Simble adalah sebuah kota kecil bernuansa idiosinkratis Mesir kuno. Berjarak seputar 3 jam berpangkal Aswan, Abu Simble adalah kota yang berbatasan dengan Sudan. Memasuki ii kabupaten ini seakan kita ditarik kembali ke masa kedigdayaan Firaun ketika berkuasa. Terbukti semua orang karuan berdecak kagum ketika memasuki kompleks Abu Simble. Saran dari juru tulis: Kalian jangan setakat enggak meninggalkan ke Abu Simble. Jangan sebatas modalnya!

Sekian rangkuman tempat menyentak yang perlu kalian kunjungi di Mesir, ya. Cak bagi info makin tentang Mesir kalian langsung aja kepoin ig @ppmimesir, guys. Banyak banget info yang pasti bakal kalian dapat nantinya.

Thankiw udah baca tulisan gue, ya

Mopit Eka Maulana (@faikalamaul), Akhmad Zaini Arifin (@zain_jumro)

Seluruh foto adalah pengarsipan pribadi dari perekam dan rekan lain.

KAIRO – Dhoriefah Niswah El Fidaa mendapatkan hasil yudisium Jayyid Jiddan sehabis menjalani sidang gelar magister dalam Ushul Fikih yang berjudul ”
Studi Literatur Kitab

Anwaar al-Afkaar fii Takmilah Idhooah al-Anwaar“. Kitab tersebut merupakan karya al-‘Allāmah Aminuddin Isa Kacang Ismail Bin Khosruusyaah al-Aaqsorooii (wafat pada tahun 727 H). Sidang dilaksanakan di Balai Fakultas Syari’ah Islamiyah wal Qānun plong Selasa 27 Februari 2022.

Dalam tesisnya, Putri semenjak KH. Hasan Abdullah Sahal itu membahas permasalahan kitab Ushul Fikih abad 8 H tersebut. Sidang dari awal hingga pembahasan Bayaan Asbaab al-Syaraai’ itu berlangsung alot selama 5 jam. Dhoriefah Niswah El Fidaa diuji serentak makanya para Profesor perhimpunan Selam yang tersohor dengan manhaj Azhary (manhaj yang memadukan antara Aqidah Sunni Asy-‘Ary – Al-Maturidi, Fikih Empat Madzhab dan Ilmu batin) tersebut. Majelis sidang terdiri atas: Prof Dr. Mustafa Farg Muhammad Fayyad, Temperatur Besar Kuliah Studi Selam dan Bahasa Arab Pemudi Universitas Al-Azhar di Kafr As-Syekh; Prof. Dr. Ahmad Mukhtar Mahmud Hasan, Guru Besar Pengkajian Islam dan Bahasa Arab Putri Perserikatan Al-Azhar Kairo; serta Prof. Dr. Turkiyah Mustafa As-Syirbini, Profesor Penelitian Islam dan Bahasa Arab Cewek Universitas Al-Azhar Kairo.

Sidang dihadiri maka itu KH. Hasan Abdullah Sahal, penasihat Gubuk Maju Gontor perumpamaan ayah bunda; Dr. Usman Syihab, MA, Atdikbud KBRI Kairo; civitas akademika Perkumpulan Al-Azhar; para senior Masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir); serta mahasiswa terbit IKPM (Perantaraan Anak bini Teratak Modern) Gontor.

Penulis:
Abdul Fatah Amrullah

Tim Medsos Kantor Komunikasi PPI Dunia 17-18 dan Pejabat Umum Informatika ICMI Kairo 17-18

Editor:
Kartika Restu Susilo

MESIR, 18 November 2022 – Kreasi anak nasion dalam kancah alam semesta memang enggak suka-suka habisnya. Mungkin ini mahasiswa Indonesia nan tergabung privat Universitas Petatar Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir menyelenggarakan perhelatan budaya akbar yang dinamakan Beruntung Culture Festival (ACF). Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 18 November 2022 di Gedung Sholah Contoh kota Kairo itu ialah hasil kerjasama organisasi mahasiswa semenjak 9 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Fhilipina, Pakistan, Afghanistan, Bangladesh dan Krygyztan.

Festival yang berlenggek Diversity in Nasib Unity itu dihadiri oleh bos Kedutaan besar terbit bilang negara, termasuk beberapa petinggi Universitas Al Azhar. “Perbedaan adalah faedah untuk kita, sebagai halnya dengan tema programa ini Diversity In Umur Unity yang berarti keanekaragaman adalah kemujaraban lakukan kita bakal berganduh. Kita Indonesia sekali lagi negara yang beragam, namun kita disatukan maka itu diversitas tersebut, dibuktikan dengan semboyan kita Bhineka Tunggal Ika,” ujar Atase Pendidikan dan Kultur KBRI Cairo Dr. Usman Syihab dalam acara pembukaan.

Acara yang berlantas gencar dan dihadiri oleh mahasiswa internasional itu memajukan beraneka rupa kesenian dan budaya dari 9 negara di Asia. Pirsawan yang hadir bukan musykil memberikan tepuk tangan atas kinerja partikular dan menarik mulai sejak sejumlah negara. Start berusul penampilan kasidah yang dibawakan oleh Malaysia, adv amat tarian nan dibawakan oleh Afghanistan serta pementasan ekstrem Tapak Suci yang dipamerkan maka dari itu mahasiswa Indonesia. Tidak ketinggalan beberapa delegasi lagi memutarkan video sebagai taaruf negara mereka.

Lain semata-mata itu, di luar konstruksi Sholah Kamil sekali lagi terletak bazaar dan stand berasal negara yang berpartisipasi. Para pengunjung memanfaatkan momen ini untuk berfoto dengan stand yang dipenuhi souvenir beragam negara. Menariknya stand milik mahasiswa Krygyztan bersedia meminjamkan jubah dan kuluk khas negara mereka kepada para pelawat hendaknya bisa berfoto. Tak heran stand itu bintang sartan rebutan banyak pengunjung.

Selain mengirimkan pernak pernik partikular negara, sebagian kontingen memanfaatkan momen ini buat cak memindahtangankan berbagai souvenir dan alat pencernaan khas negara mereka sama dengan Indonesia, Malaysia, Singapura dan Afghanistan. Di antara makanan yang dijual, nasi Padang berhasil jadi makanan favorit bikin kafilah dan pengunjung. Terbukti, setelah 3 jam acara dimulai nasi Padang langsung ludes diserbu para pengunjung acara. Tentatif stand mahasiswa Aghanistan menyediakan makanan spesifik negara mereka secara percuma, di antaranya kas dapur spesifik Afghanistan yang rasanya sama sebagai halnya mihun.

Selaku inisiator dan pelaksana acara Mendapat habuan Culture Festival, PPMI Mesir dibanjiri pujian dari pejabat negara lain. Kejadian itu diakui maka dari itu Prabu Arsyad Ihsan Nulhaq selaku Presiden PPMI Mesir. “Insya Allah acara ini akan kita pertahankan setiap tahunnya, lain hanya bakal mahasiswa Asia namun juga kerjakan Dunia,” tutur Aji, mahasiswa asal Jakarta nan berbakat Minang.

Acara ditutup dengan prestasi Parodi Bisu berasal Mahasiswa Bangladesh yang sukse smembuat pemirsa tertawa. Setelah itu para delegasi berjabat tangan salaman dan mengadakan sesi foto bareng sebelum menjauhi lokasi acara.

Festival nan baru pertama bisa jadi diselenggarakan itu diharapkan bisa mempersempit pertalian silaturahmi Antar Mahasiswa Al Azhar nan berusul dari benua Asia termasuk panggung untuk saling mengenal satu proporsional lain. Kancah ini pula menjadi sarana bagi mahasiswa Indonesia untuk bertahuan dengan plasenta sesama mukminat dari negara di benua Asia lain. Lain tidak mungkin, di kala nanti para mahasiswa ini akan menjadi pemimpin di negara saban. Susunan silaturrahmi yang start dipupuk terbit saat ini akan mendukung mereka untuk bekerja sama privat plural bidang.**

Penulis :
Tareq Albana

Islamic Theology, Perguruan tinggi Al Azhar Kairo

PPMI Mesir

Penyunting:
Kartika Restu Susilo

Innalillahi wa innailaihi raajiun. Pesiaran duka datang berasal belahan dunia Eropa. Telah meninggal dunia sahabat kita Syahrie Anggara lega spirit 24 masa. Mahasiswa pascasarjana University of Leicester, Inggris itu mengalami kecelakaan fatal di Courmayeur dalam perjalanannya menuju Mont Blanc, Italia pada 14 September 2022. Detik ditemukan maka itu regu penolong, Syahrie mengalami hipotermia parah dengan suhu tubuh 24 °C. Mendiang menerima penjagaan intensif di flat remai Molinette, Turin, Italia sebelum akhirnya meninggal dunia pada 22 September 2022. Rencananya, jenazah akan dikebumikan di kapling kelahirannya, Bengkulu.

(more…)

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.

Hari ini 2 (dua) mahasiswa Indonesia meninggal di perantauan. Setelah SYAHRIE ANGGARA (PPI UK), kini QISTOS HADI PURNAMA (PPMI Mesir).

Segenap anak bini PPI Dunia mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya saudara Qistos Hadi Purnama lega Jum’at, 22 September 20017, palu 2 sore perian Kairo di RS.Banha University karena sakit nan diderita.

Almarhum adalah pelajar Fakultas Bahasa Arab Institut Azhar, Kairo. Hendaknya Almarhum dikabulkan disisi Allah SWT dengan diampuni segala kesalahan dan dosanya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketegaran. Amin.

Kairo – Wihdah-PPMI Mesir pada Kamis (24/11) kemarin sudah lalu sukses menyelenggarakan acara “Azhar Education Festival” di kampus amoi Universitas Al-Azhar Kairo. Seminar seputar pengenalan Al-Azhar cagak Putri ini dihadiri maka itu Helmy Fauzi selaku Dubes RI untuk Mesir, Usman Shihab selaku Atdikbud KBRI, dan Cecep Taufiqurrahman selaku local staff KBRI . Juga para petinggi kuliyyah banat (baca: Fakultas cabang Amoi) di antaranya; Duta Dekan Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab Putri, Dr. Nihlah Ash Sho’idi, Kepala Jurusan Ushuluddin, Dr. Lawahiz Abdussalam Ali, Ketua Jurusan Bahasa Arab, Dr. Fathimah Rajab dan Ketua Jurusan Syari’ah Islamiyah, Dr. Kebajikan Abdul Hamid.

Program nan dimulai pada pukul 13.15 siang ini dibuka untuk umum. Tidak hanya mahasiswi asing, namun mahasiswi Mesir lagi banyak yang jatuh cinta untuk ikut programa ini. Hal ini dinilai sukses oleh Atdikbud sebagaimana nan disampaikan Ketua Wihdah, Rahmah Rasyidah. “Tanggapan terakhir engkau sebelum pergi ya engkau senang dan berbesar hati. Karena KBRI memang inginnya jangan hanya pelajar Indonesia nan datang, tapi Mesir kembali,” introduksi Rahmah yang ditemui usai program.

Rahmah mengatakan acara ini diadakan tahir berniat untuk mengenalkan Al-Azhar kepada petatar putri Indonesia khususnya agar tidak buta ketika nanti menjalani masa perkuliahan. Karena dengan mengenal Al-Azhar dan sistem studinya sejak awal akan membantu memaklumi langkah dan strategi ke depan dalam membiasakan.

Duta Dekan Fakultas Penekanan Selam dan Bahasa Arab cabang Putri, Dr. Nihlah Ash Sho’idi membentangkan dalam sambutannya bahwa Al-Azhar adalah bagan pendidikan Islam yang besar, yang bermanhaj moderat dan berujud menjaga warisan-warisan pusaka Islam nan ada sejak zaman Rasulullah Saw. Sira berpretensi semua pelajar yang mutakadim menuntut mantra di al Azhar dapat kembali ke kapling airnya dengan membawa risalah Azhar serta membangun kebudayaan yang lebih baik.

Selanjutnya, Pejabat Jurusan Bahasa Arab, Dr. Fathimah Rajab menjelaskan bukan main pentingnya mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bahasa Arab seperti Nahwu, Shorof, ‘Arudh, Balaghoh dan lain sebagainya. Dr. Lawahiz Abdussalam selaku Kepala Jurusan Ushuluddin juga menyampaikan alat penglihatan lektur yang dipelajari di jurusan Ushuluddin. Kamu mengatakan mudahmudahan mahasiswi mentah nan belum memasuki syarah supaya lebih lalu mengetahui pelajaran apa yang disukai agar tidak riuk melembarkan jurusan.

Azhar Education Festival

Harapan lain dari diadakannya Azhar Education Festival ini yaitu mengenalkan budaya Indonesia kepada penghuni Mesir. Peristiwa ini dapat dilihat ketika sesi hiburan, beberapa mahasiswi Indonesia menampilkan tari daerah, dan bazar yang cak memindahtangankan ragam makanan khas Indonesia juga batik sebagai huruf angka ciri khas Nusantara.

Kendati hanya dihadiri segelintir anak baru, semata-mata mereka yang nomplok menanggung mendapat banyak kebaikan terbit materi yang disampaikan makanya para pembicara. “Alhamdulillah kita datang ke acara ini bisa banyak manfaat. Jadi banyak publikasi, ya di antaranya jadi tau kalo jurusan Lughoh (baca: Bahasa) itu sebagai halnya barang apa,” komentar Ismi dan sindikat-kawannya nan dijumpai pasca- acara.

Untuk ke depannya, Rahmah mengatakan para dosen akan mengusahakan adanya kelas-kelas tunggal mahasiswi luar. Akan semata-mata peristiwa tersebut juga harus dibantu dengan para wafidat lakukan makin bagak berbicara dan berinteraksi dalam bahasa Arab. “Karena mereka pun sano kenapa kok wafidat ini kalau ditanya diam saja, tidak banyak berinteraksi,” jelas empunya kabinet ‘Balance’ ini.

Acara ini sekaligus menjadi penutup kegiatan di termin satu perkuliahan Azhar agar para mahasiswi boleh memanfaatkan waktunya untuk persiapan testing.

Sumber: Informatika ICMI Orsat Kairo (Pelecok satu Media Mahasiswa Indonesia di Mesir)

Liputan Jakarta, Perwakilan PPI Dunia masuk berkontribusi dalam sebuah konferensi garis haluan internasional berjudul “Conference on Indonesian Foreign Policy 2022: Finding Indonesia’s Place in The Brave New World”, pada Sabtu dulu (17/9). Acara yang bertempat di The Kasablanka Hall, lantai 3 Perbendaharaan Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Kidul ini diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) besutan Dr. Dino Patti Djalal, Konsul Menteri Asing Provinsi Republik Indonesia Ke-5.

“Saya bertarget, setelah mengikuti CIFP 2022, semoga kita semakin sadar bahwa bangsa Indonesia akan semakin maju dan abadi seandainya kita terus menjaga sikap nasionalisme yang disertai pula dengan hidup internasionalisme,” ungkap Dino Patti Djalal n domestik sambutannya.

Konferensi ini membahas yuridiksi kesejagatan terhadap dinamika perkembangan dan percepatan interaksi negara-negara di dunia sehingga berimplikasi terhadap persaingan internasional. Kegiatan yang dimulai pengetuk 09.00 WIB ini berisikan 20 sesi paralel intern ruangan yang berlainan dengan menghadirkan 70 penceramah kenamaan baik berpangkal dalam ataupun luar negeri. Sesi yang digelar ceratai kebijakan luar negeri Indonesia n domestik berbagai aspek: geopolitik, kelautan, perdagangan, keamanan, diaspora, pendidikan, teknologi, dan lain-lain.

Pembicara plong sesi “Connecting Indonesia’s Development Needs with Global Resources”. Diantaranya, Aktivis PPI Dunia Intan Irani (bangku kedua berasal kidal). Sumber: Adam Dwi Baskoro

Di antara pembicaranya adalah Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden Republik Indonesia ke-6), Xanana Gusmao (Presiden Timor Leste), Jend. (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan (Nayaka Pengorganisasi Satah Kemaritiman RI ke-5), Ir. Airlangga Hartanto (Ketua Umum Koalisi Emiten Indonesia 2005-2014), dan Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informatika). Prof. H. Nasarudin Umar, Padri Osean Masjid Istiqlal juga turut menjadi pembicara internal pembahasan religiositas. Sedangkan dalam sektor manuver yang duduk menjadi pembicara diantaranya adalah Sandiaga Uno, Shunamek (Garuda Food), Erik Meijer (Telkom/Telstra), Wishnutama (Sauk-sauk Mediatama), Noni Purnomo (Blue Bird Group), Nadiem Makarim (Gojek Indonesia). Para diplomat dari USA, EU, Korea Selatan, Polandia, Hungaria, RRC, dan Australia juga dilibatkan kerjakan mengemukakan materi politik dan perhubungan internasional.

Intan Irani, Koordinator Perkumpulan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menjadi salah suatu pembicara pada sesi nan bertemakan “Connecting Indonesia’s Development Needs with Global Resources: The World of FDI, Creative economy, Education, Technology, and Innovation”. Sesi ini membahas perlunya koneksi antara pengembangan ekonomi, pendidikan, teknologi, dan inovasi Indonesia lewat globalisasi.

Ia mengungkapkan bahwa PPI Dunia yakni sebuah perhimpunan yang menaungi 51 PPI Negara dengan visi untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri yang berharga seutuhnya untuk Indonesia. PPI Manjapada bergerak dalam tiga bidang utama: pertama, Creative Economy dengan meningkatkan human capital umpama aset nasion; kedua, Tourism nan mendidik duta bangsa seyogiannya berbesar hati bagi mempromosikan dan membudayakan seni dan budaya Indonesia kepada dunia internasional; ketiga, Innovation and Technology yang bergerak di era informasi digital faktual online meeting, web based-seminar, dan e-education. “PPI Dunia melibatkan seluruh basis edukasi pelajar Indonesia yang tersebar di tiap negara,” tegas Intan.

Agen PPI Mayapada yang hadir dalam kenferensi tersebut adalah koordinator PPI Mayapada Intan Irani terbit PPI Italia, anggota Biro Pers Laki-laki Dwi Baskoro dari PPMI Mesir, dan alumni Permira Rusia, Subahagia Rendy. (AD/AA)

Galeri Kegiatan:

Kepala negara Republik Indonesia ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono menjadi penceramah ketika penutupan kegiatan konferensi.

Koordinator PPI Marcapada Intan Irani bersama pembicara konferensi lainnya.

Perwakilan PPI Dunia nan menghadiri Konferensi Kebijakan Luar Provinsi Indonesia 2022.

Murid Konferensi saat pembukaan kegiatan.

Peserta konferensi pada sesi “Connecting Indonesia’s Development Needs with Universal Resources”, salah satu pembicaranya yakni Intan Irani, Organisator PPI Dunia.

Sumber bentuk: Lanang Dwi Baskoro

Liputan Bogor, Ini ialah kali ke dua PPI Kawasan Timur Tengah dan Afrika menyelenggarakan kegiatan orientasi Perguruan Janjang di pesantren yang suka-suka di Indonesia. Orientasi perdana yang mengusung tema “Orientasi Perguruan Tangga Arab Saudi, Tunisia dan Timur Tengah” ini diselenggarakan di Gubuk Pesantren Darunnajah 2 Cipining, 9 Dzulhijjah 1437 H/10 September 2022.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan maka itu Kepala Biro Perigi Sendi Khalayak Pesantren Darunnajah 2 Cipining, Al-Ustadz Mustafa Zahir, Lc, nan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan adapun tema diatas maka dari itu kedua narasumber yang sudah diundang yakni Muammar Kadafi, Lc, PPI Tunisia dan Pendeta Khairul Annas, PPMI Arab Saudi. Peserta dan para tamu ajakan n domestik program ini adalah santriwan dan santriwati kelas 4, 5, 6 TMI (kelas 10, 11, 12) beserta temperatur pengabdian tahun mula-mula dan tahun kedua, dengan jumlah keseluruhan pesuluh penyesuaian menyentuh 700 cucu adam.

Anugerah materi

Sreg kesempatan tersebut, pejabat mahajana PPMI Arab Saudi 2022/2016, Imam Khairul Annas bertindak seumpama narasumber pertama mempresentasikan tentang perkuliahan di Arab Saudi dan sistem perkuliahan di beberapa negara nan ada di kewedanan Timur Tengah dan Afrika.

“PPI Kawasan Timur Perdua dan Afrika ini sendiri terdiri dari 14 PPI Negara merupakan PPMI Pakistan, IPI Iran, PPI Teteh Emirat Arab, PPMI Arab Saudi, PPI Yaman, HPMI Yordania, PPI Lebanon, PPI Damaskus, PPMI Mesir, PPI Sudan, KKMI Libya, PPI Tunisia, PPI Maroko dan PPI Afrika Selatan. Saban PPI memberikan informasi tentang sistem perkuliahan, beasiswa nan tersedia, dan kegiatan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam PPI melampaui website dan ki alat sosialnya sendirisendiri” papar Rohaniwan.

“Padahal beberapa keuntungan melanjutkan studi di Arab Saudi sendiri adalah tersedianya beasiswa penuh buat beberapa mahasiswa asing dan lokal, situasi yang aman dan kondusif serta kesempatan untuk menunaikan ibadah haji dan umrah”, tutur Pendeta yang saat ini sedang melanjutkan studinya di Perkumpulan Islam Madinah, Arab Saudi.

Selain itu Pater yang sudah menyelesaikan tugasnya perumpamaan Koordinator PPI Kawasan Timur Paruh dan Afrika pada Juli suntuk juga menambahkan bahwasannya belajar di kawasan Timur Paruh dan Afrika memiliki tradisi nan unik di sendirisendiri negara. Sebagai arketipe adalah Pakistan nan terkenal akan Bahasa Urdunya yang kental. Sehingga takdirnya mahasiswa asing belajar di Pakistan maka mereka pula diharuskan belajar Bahasa Urdu selain Bahasa Inggris.

Peserta Seminar

Selanjutnya seminar kedua dilanjutkan makanya Muammar Kadafi, Lc, Ketua PPI Tunisia 2022/2016. Muammar menjelaskan tentang tiga point utama ketika sparing di Tunisia, yaitu Cara, Tantangan, dan Keuntungan. Kaidah mendaftar menjadi mahasiswa baru di Tunisia sendiri bukan jauh berbeda dengan negara-negara tidak lega lazimnya. Di Tunisia seorang juga memiliki bendera skor minimum yang harus dipenuhi oleh masing-masing primadona mahasiswa beserta beberapa inskripsi penting yang harus dilengkapi untuk dapat diproses di bagian admission.

“Seperti halnya menyenaraikan ke perhimpunan pada umumnya kebat yang dibutuhkan juga tidak jauh berlainan, dan adik-adik bisa langsung membaca panduan penggalian di Tunisia yang sudah lalu tersedia dalam website kami www.ppitunisia.org,” ungkapnya mengawali point pertama.

Berlanjut ke point kedua, Muammar menjelaskan tentang sejumlah tantangan yang akan dihadapi maka dari itu mahasiswa asing di Tunisia serta solusi menghadapinya. Disesi ini, banyak sekali hal-hal teknis yang tidak terdapat dalam taktik panduan orasi di Luar Kewedanan. Sehingga sesi ini ialah sesi yang paling kecil bermanfaat kaitannya dengan tantangan dan rintangan selama belajar di kawasan individu.

Kemudian point ketiga, Muammar juga menjelaskan tentang beberapa keuntungan pidato di Tunisia. Salah satunya adalah bahasa. “Bahasa ialah keuntungan yang mula-mula, selain adik-adik bisa mempraktekkan bahasa Arab nan mutakadim kian dahulu dipelajari di pesantren, sekali lagi dapat menggunung satu bahasa lain ialah Bahasa Perancis jika memang mempunyai kecintaan n domestik bahasa,” tuturnya dengan lugas.

Ia juga menambahkan bahwa Bahasa adalah signal permulaan lakukan seseorang itu berilmu keterangan yang panjang dan merupakan salah satu mantra para Rasul. “Keuntungan yang kedua adalah bisa mengintai sedarun Ki kenangan Peradaban Islam yang ada di Tunisia, begitu juga halnya Jami’ Uqbah ibn Nafi’, Jami’ Az-Zaytunah, jejak sejarah Pakar Sosiolog ternama Ibnu Khaldun dll,” ucap Kadafi.

Sedangkan keuntungan nan ketiga adalah dapat merasakan sistem pendidikan nan lalu baik, muai dari metodologi penulisan, pengkajian, dan lingkungan yang mendukung cak bagi belajar.

Sehabis sekian jam pemaparan dari kedua nara sumber diatas maka acara kembali dilanjutkan dengan sesi pertanyaan jawab baik berasal para siswa dan tamu undangan. Pada pengunci acara tersebut, cindera alat penglihatan diberikan kepada narasumber dan diakhiri dengan foto bersama. (Red, Muammar&Imam/Ed, Amir)

PPMI Mesir Berbagi kisah dalam acara ‘Kampung Halaman’ bersama RRI PRO3. Ingin tahu bagaimana mahasiswa perantauan di Negeri Kinanah merayakan hari raya? Taajul ikuti siarannya simultan dari Mesir di RRI PRO3. Info selengkpanya di bawah ini.


Liputan Jakarta, Perwakilan Institut Pelajar Indonesia se-Marcapada (PPI Manjapada) berpartisipasi intern Diplomatic Forum: The Role of Media in Creating Peaceful World (Peran Media Menciptakan Manjapada yang Damai) nan diadakan makanya Radio Republic Indonesia (RRI) World Service of Indonesia pada tanggal 7 September 2022. Program yang membahas isu internasional tersebut bertempat di salah satu ruangan gedung RRI Jakarta, yaitu di Auditorium Yusuf Ronodipuro LPP RRI.

Perwakilan PPI Dunia yang masuk hadir adalah Intan Irani Puspita Santi yang merupakan koordinator PPI Mayapada. Selain itu kembali hadir perwakilan mahasiswa Indonesia yang membiasakan di asing area ialah Muammar Kadafi dari Tunisia, Adam Dwi Baskoro berusul Mesir, dan Imam Khairul Annas bersumber Saudi Arabia.

Talk Show berbahasa Inggris ini membahas mengenai banyaknya konflik di luar ataupun intern negeri dan menyertakan dok diplomat, pemerintah, lembaga mahajana serta berbagai kalangan terkait. Berdasarkan laporan Penanda Perdamaian Dunia 2022, diketahui bahwa perdamaian dunia memburuk selama satu dekade belakangan. Penyebab utamanya yaitu meningkatnya terorisme dan tingkat ketidakstabilan politik yang panjang.

RRI World Service of Indonesia selaku lembaga penyiaran awam mengangkat tema bahwa peran media sangat penting dalam menciptakan perdamaian dunia. Kepala Stasiun Pengetahuan Asing Negeri LPP RRI Eddy Sukmana menjelaskan bahwa menyuarakan perdamaian ke seluruh pelosok dunia merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan media penyiaran untuk menekan terjadinya konflik. “Alat angkut penyiaran juga bertanggung jawab bikin menjadi titian penengah dan mengakhiri konflik terjadi,” jelas Eddy Sukmana.

Acara yang berlantas berasal jam 11.00-13.30 WIB ini dihadir oleh pembicara pecah berbagai kalangan khususnya diplomat dan penyiaran. Diantaranya Duta Osean Rusia buat Indonesia Mikhail Galuzin, Pemred Harian Republika Irfan Junaidi, Ketua Ikatan Pewarta Televisi Indonesia Mayong Suryo Laksono, Majikan Federasi Pewarta ASEAN Bob Iskandar.

Pasca- acara radu, perwakilan PPI Dunia melakukan pertemuan dengan pihak RRI. Selama ini PPI Dunia n kepunyaan kerjasama dengan RRI di permukaan siaran, yaitu siaran Youth Forum oleh RRI Voice of Indonesia dan siaran Kampung Pekarangan maka itu RRI Pro3. Pertemuan mungkin ini membahas mengenai tema, teknis proklamasi, komunikasi, serta informasi. “Kami minta RRI dapat menjadi palagan bagi PPI Dunia untuk memublikasikan kegiatan serta penampilan siswa Indonesia yang mampu di luar negara,” kata Intan.

(Red, adam / Ed, pw)

Berapa jam perbedaan waktu Mesir dan Indonesia?

Jawaban ini terverifikasi Lega bulan mei-september,
waktu
di Kairo lambat 4
jam
dari WIB. Pada bulan oktober-april,
waktu
di Kairo lebih lambat 5
jam
dari WIB.

Mesir GMT berapa?

Sementara
Mesir
ialah negara nan terletak di Afrika Utara, dan memiliki zona waktu aktual Waktu Standar
Mesir
(Egypt Standard Time, EST) dengan waktu
GMT+2, ataupun 2 jam lebih awal dari hari
GMT.

Source: https://kafesentul.com/sekarang-di-mesir-jam-berapa

Posted by: soaltugas.net