Guru dapat diukur memperalat sebuah alat nan disebut termometer. Satuan guru dapat dinyatakan melangkaui eceran derajat celcius (ozonC), reamur (oR), fahrenheit (oF), atau kelvin (oK). Pendirian Transformasi Suhu ialah bahasan mengenai bagaimanan menentukan segara suhu yang sama berbunga satu satuan suhu ke satuan suhu yang lainnya. Misalnya dari suhu dengan asongan derajat celcius (oC) ke master dengan ketengan reamur (oR), atau sebaliknya.

Bagaimana mandu berbuat transmutasi master? Bagaimana mandu konversi suhu dengan satuan celcius ke reamur atau asongan suhu lainnya? Sobat idschool dapat mencari tahu prinsip konversi temperatur melangkaui ulasan di bawah.

Table of Contents

  • Apa Itu Suhu?
  • Pendirian Konversi Master Celcius (oC) dan Reamur (oR)
  • Mandu Konversi Suhu Celcius (oC) dan Fahrenheit (oF)
  • Cara Konversi Temperatur Celcius (oC) dan Kelvin (oK)
  • Cara Transmutasi Suhu Reamur (oR) dan Fahrenheit (oF)
  • Mandu Konversi Suhu Reamur (oR) dan Kelvin (oK)
  • Cara Transformasi Suhu Fahrenheit (oF) dan Kelvin (oK)

Apa Itu Temperatur?

Pengertian berusul suhu adalah ukuran derajat semok atau dingin satu zat atau benda. Hawa dapat digunakan sebagai acuan bakal menentukan kondisi suatu zat atau benda dalam keadaan seksi, normal, ataupun adem.

Misalnya seseorang yang sedang demam, derajat hawa tubuh turunan tersebut jika diukur menggunakan termometer. Fisik seseorang yang mengalami demam akan menunjukkan skor yang panjang. Semakin tinggi derajat angka nan ditampilkan, semakin tataran pun demam yang dialami seseorang tersebut.

Pada lazimnya, di Indonesia makin damping dengan derajat suhu yang dinyatakan dalam eceran derajat celcius (oC). Saja kerumahtanggaan bahasan fisika, perincian suhu lebih mahajana dinyatakan kerumahtanggaan satuan derajat kelvin (oK).

Apakah nilai yang ditampilkan termometer dalam ketengan derajat celcius (oC) sama dengan angka nan ditampilkan termometer privat ketengan derajat kelvin (oK)? Karuan saja enggak, karena masing – masing satuan suhu memiliki titik lebur, titik didih, raksasa skala, dan perimbangan skalanya sendiri.


Walaupun demikian, suhu yang diukur menggunakan termometer dengan satuan celcius boleh dicari skor yang sebabat dengan ketengan termometer lainnya (reamur, fahrenheit, atau kelvin). Begitu juga kerjakan kondisi yang sebaliknya.

Baca Juga: 3 Cara Perpindahan Memberahikan/Bahang

Prinsip Konversi Suhu Celcius (udara murniC) dan Reamur (oR)

Cak bagi berbuat metamorfosis suhu dengan satuan celcius ke reamur, sobat idschool membutuhkan perbandingan antara kedua skala guru tersebut. Perbandingan suhu derajat celcius dan reamur adalah C : R = 5 : 4.

Konversi Suhu Celcius dan Reamur

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu celcius merupakan 55oC. Konversi nilai suhu 55oC ke satuan reamur dapat dilakukan melangkaui cara berikut.

Cara Konversi Suhu dengan Satuan Celcius ke Reamur

Jadi, suatu zat yang mempunyai suhu senilai 55oC, nilai suhunya sebagaimana 44oR.

Sekarang beralih ke cara konversi master dengan rincih reamur (ozonR) ke satuan derajat celcius (oC). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menunggangi termometer dengan runcitruncit reamur adalah 64ozonR.

Cara metamorfosis nilai tersebut dalam satuan satuan suhu derajat celcius yakni misal berikut.


Baca Juga: Perubahan Wujud Benda nan Membutuhkan Panas dan Perubahan Wujud Benda yang Memperlainkan Panas

Cara Konversi Temperatur Celcius (ozonC) dan Fahrenheit (ozonF)

Berikutnya adalah transmutasi ketengan dari eceran hawa berderajat celcius ke fahrenheit. Perhatikan bahwa noktah mengabu termometer dengan asongan derajat celcius dimulai mulai sejak 0udara murniC, sedangkan titik bertarai termometer dengan rincih derajat fahrenheit dimulai berpangkal 32oC.

Sehingga, bikin mengukur suhu berpokok derajat celcius ke fahrenheit, nilai akhirnya perlu

ditambah

32o. Sedangkan bagi mengukur suhu bermula derajat fahrenheit ke celcius, temperatur awalnya perlu

dikurangi

32o
terlebih habis.

Konversi Suhu Celcius dan Fahrenheit

Misalkan, diketahui suatu zat diukur memperalat termometer dengan satuan suhu celcius yakni 60oC. Konversi nilai hawa 60oC ke satuan fahrenheit bisa dilakukan melalui prinsip berikut.


Jadi, suatu zat yang memiliki suhu senilai 60oC, angka suhunya sepadan dengan 140oF.

Saat ini beralih ke cara konversi suhu dengan rincih fahrenheit (oF) ke eceran derajat celcius (udara murniC). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menunggangi termometer dengan eceran fahrenheit merupakan 176oF. Pendirian konversi kredit tersebut dalam satuan runcitruncit guru derajat celcius adalah sebagai berikut.


Cara
Konversi Hawa Celcius (oC) dan Kelvin (oK)

Termometer dengan hawa derajat celcius dan kelvin mempunyai perimbangan yang seimbang, yaitu C : K = 5 : 5. Saja tutul leburnya berbeda, termometer dengan runcitruncit celcius mempunyai titik lebur 0udara murniC. Sedangkan termometer dengan rincih kelvin memiliki titik lebur 273oK.

Sehingga cak bagi mengamalkan transmutasi asongan dari derajat celcius ke derajat kelvin, nilai hawa perlu

ditambah

273. Sementara buat konversi hawa berbunga satuan kelvin ke celcius, nilainya

dikurangi

273.

Konversi Suhu Celcius dan Kelvin

Perhatikan dua contoh konversi suhu untuk rincih celcius dan kelvin berikut:

  • Diketahui suhu suatu zat diukur dengan termometer dengan eceran derajat celcius adalah 30oC. Skor zat tersebut n domestik satuan derajat kelvin = 30 + 273 = 303udara murniK.
  • Suatu zat yang memiliki suhu 290oK maka nilai suhu zat tersebut = 290 – 273 = 17oC.

Baca Juga: Perubahan Fisika – Kimia – Biologi

Cara Konversi Suhu Reamur (oR) dan Fahrenheit (udara murniF)

Berikutnya adalah cara konversi suhu bakal satuan reamur ke ketengan fahrenheit. Sebelumnya, perhatikan juga perbandingan kedua proporsi tersebut. Perimbangan skala reamur dan fahrenheit adalah R : F = 4 : 9. Serta perhatikan kedua tutul leburnya, satuan reamur memiliki bintik peroi seperti mana 0oR dan runcitruncit fahrenheit memiliki bintik lebur sama dengan 32ozonF.

Sehingga, untuk menakar suhu berpunca derajat reamur ke fahrenheit, nilai akhirnya perlu

ditambah

32ozon. Sedangkan untuk mengukur master dari derajat fahrenheit ke reamur, suhu awalnya perlu

dikurangi

32udara murni
terlebih lampau.

Konversi Suhu Reamur dan Fahrenheit

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu reamur adalah 60udara murniR. Transmutasi nilai suhu 60oR ke runcitruncit fahrenheit dapat dilakukan melalui cara berikut.


Jadi, suatu zat yang memiliki suhu senilai 60oR, nilai suhunya seperti mana 167oF.

Masa ini beralih ke cara transfigurasi guru dengan satuan fahrenheit (ozonF) ke satuan derajat reamur (oR).

Diketahui temperatur suatu zat yang diukur memperalat termometer dengan eceran fahrenheit adalah 176oF. Prinsip transformasi angka tersebut dalam satuan satuan suhu derajat reamur yakni sebagai berikut.


Jadi, suatu zat yang memiliki guru senilai 176oF, poin suhunya sama dengan 64oR.

Baca Juga: Materi Suhu dan Pemuaian

Cara Transfigurasi Temperatur Reamur (oR) dan Kelvin (oK)

Berikutnya adalah cara konversi suhu lakukan satuan reamur ke rincih kelvin. Perhatikan proporsi kedua perbandingan tersebut, yaitu R : K = 4 : 5.

Perhatikan pun kedua titik leburnya, satuan reamur memiliki tutul lebur sama dengan 0ozonR dan satuan kelvin memiliki bintik peroi sama dengan 273oK. Sehingga, kerjakan mengukur temperatur dari derajat reamur ke kelvin, nilai akibatnya perlu

ditambah

273udara murni. Sedangkan untuk mengukur suhu pecah derajat kelvin ke reamur, suhu awalnya perlu

dikurangi

273o
terlebih lewat.

Konversi Suhu Reamur dan Kelvin

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan satuan suhu reamur yakni 60oR. Konversi nilai suhu 60oR ke satuan kelvin dapat dilakukan melampaui cara berikut.


Jadi, satu zat nan mempunyai suhu senilai 60oR, skor suhunya sebagai halnya 348udara murniK.

Sekarang beralih ke kaidah konversi master dengan satuan kelvin (oK) ke eceran derajat reamur (udara murniR). Diketahui suhu suatu zat nan diukur memperalat termometer dengan satuan kelvin adalah 338
oK. Cara transmutasi nilai tersebut dalam asongan satuan suhu derajat reamur merupakan sebagai berikut.


Makara, satu zat yang mempunyai suhu senilai 338ozonK, skor suhunya begitu juga 52udara murniR.

Kaidah Transformasi Suhu Fahrenheit (oF) dan Kelvin (oK)

Seterusnya adalah transfigurasi suhu berpangkal satuan fahrenheit ke runcitruncit kelvin, dan sebaliknya. Sebelumnya, perhatikan perbandingan kedua perbandingan tersebut, yaitu F : K = 9 : 5.

Perhatikan juga kedua titik leburnya, satuan reamur memiliki tutul lebur seperti 32oF dan satuan kelvin punya bintik peroi sama dengan 273oK.

Sehingga, untuk mengeti master dari derajat fahrenheit ke kelvin, nilai suhu perlu

dikurangi

32o
terlebih dahulu dan nilai balasannya perlu

ditambah

273o. Padahal lakukan mengukur master dari derajat kelvin ke fahrenheit, suhu awalnya terlazim

dikurangi

273udara murni
terlebih dahulu kemudian poin akhirnya

ditambah

32o.

Konversi Suhu Fahrenheit dan Kelvin

Misalkan, diketahui suatu zat diukur menggunakan termometer dengan ketengan master fahrenheit adalah 113udara murniF. Metamorfosis ponten suhu 113oF ke ketengan kelvin dapat dilakukan melewati pendirian berikut.


Makara, suatu zat nan punya suhu senilai 113oF, angka suhunya sama dengan 318udara murniK.

Kini beralih ke cara alterasi temperatur dengan rincih kelvin (oK) ke satuan derajat fahrenheit (oF). Diketahui suhu suatu zat yang diukur menggunakan termometer dengan satuan kelvin yaitu 298udara murniK.

Cara konversi nilai tersebut kerumahtanggaan satuan rincih suhu derajat fahrenheit adalah sebagai berikut.


Sehingga, raksasa suhu senilai 298oK sama dengan lautan nilai suhu n domestik satuan fahrenheit adalah 77udara murniF.

Sekian ulasan materi cara alterasi temperatur pecah satu rincih suhu ke runcitruncit lainnya. Terimakasih sudah lalu mengunjungi idschool(dot)jejala, semoga bermanfaat.

Baca Kembali: Termometer Air Raksa dan Alkohol (Kelebihan – Kekeringan)